Pengaruh Word of Mouth Dan Iklan Terhadap Minat Pembelian Produk Melalui Aplikasi Shopee DI Kota Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh word of mouth dan iklan terhadap minat pembelian produk melalui aplikasi Shopee di Kota Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi Shopee di Kota Jember. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel – variabel yang mempengaruhi hipotesis. Alat yang digunakan adalah regresi linear berganda variabel laten.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Word of mouth berpengaruh terhadap minat pembelian, menunjukkan bahwa semakin baik word of mouth mengenai aplikasi Shopee maka minat pembelian konsumen di Kota Jember akan meningkat. Iklanberpengaruh terhadap minat pembelian, menunjukkan bahwa semakin baik iklan yang ditayangkanmengenai aplikasi Shopee maka minat pembelian konsumen di Kota Jember akan meningkat.Word of mouth memiliki pengaruh lebih besar daripada iklan terhadap minat pembelian yang artinya word of mouth memiliki kontribusi yang lebih besar dalam minat pembelian. Informasi word of mouth yang di sampai kepada pelanggan tidak berasal dari perusahaan, tetapi berasal dari konsumen sehingga konsumen mengikutsertakan kelemahan suatu produk yang dapat di antisipasi konsumen lain sehingga konsumen lebih percaya.