PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PKn TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE DISKUSI SYNDICATE GROUP DI SDN KALIBOTO LOR 011 KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Kaliboto Lor 01,
aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa
yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah
pembelajaran yang kurang variatif, penggunaan metode ceramah dan tanya jawab,
penggunaan media dan alat peraga yang kurang menarik, serta pembelajaran PKn
yang masih menekankan pada konsep-konsep yang ada di dalam buku paket. Oleh
karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada mata PKn yaitu melalui metode pembelajaran diskusi syndicate group.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan dan
cara meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III mata pelajaran PKn tema
lingkungan selama proses pembelajaran melalui metode diskusi syndicate group di
SDN Kaliboto Lor 01 Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012?; (2)
Bagaimanakah peningkatan dan cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas III mata
pelajaran PKn tema lingkungan melalui metode diskusi syndicate group di SDN
Kaliboto Lor 01 Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012?
Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III-B dengan jumlah 29
siswa yang terdiri atas 14 laki- laki dan 15 perempuan di SDN Kaliboto Lor 01,
Lumajang. Sumber data yaitu guru kelas III-B dan siswa kelas III-B SDN Kaliboto
Lor 01, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil penelitian
pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara individu yaitu
34,48% sedangkan secara klasikal yaitu 54,30%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa
mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 51,72% sedangkan secara
klasikal sebesar 17,25%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar
48,27% sedangkan secara klasikal sebesar 71.03% dan pada siklus II mengalami
peningkatan yaitu secara individu sebesar 27,59% sedangkan secara klasikal sebesar
4,72%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan
metode diskusi syndicate group dengan materi nilai- nilai sumpah pemuda dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Kaliboto Lor 01,
Jatiroto, Lumajang. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan
suatu pembelajaran yang inovatif dan sekolah hendaknya dapat memberikan
dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk
penelitian lebih lanjut.