• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAJAAN HINDU DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA PETA DAN GAMBAR DI SDN SUMBEREJO 09 AMBULU - JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Dwi Ratnawati_001.pdf (409.5Kb)
    Date
    2013-09-12
    Author
    DWI RATNAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SDN Sumberejo 09 Ambulu dinilai membosankan oleh kebanyakan siswa. Hal ini karena pembelajaran IPS disampaikan dengan cara yang tidak menarik. Guru terkesan melakukan ceramah monoton sehingga pembelajaran kurang menarik. Selain itu guru kurang memberi kesempatan pada siswa untuk menemukan informasi atau pengetahuannya sendiri sehingga membuat siswa pasif ketika mengikuti pembelajaran. Aktivitas belajar dan minat siswa yang rendah terhadap pelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar. Berdasarkan uraian di atas, peneliti kemudian mengadakan penelitian yang berjudul “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kerajaan Hindu di Indonesia Melalui Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Media Peta dan Gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di Indonesia melalui Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media peta dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di Indonesia melalui pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media peta dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di Indonesia melalui pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media peta dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember. (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pelajaran IPS pokok bahasan kerajaan Hindu di Indonesia melalui pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media peta dan gambar di SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 09 Ambulu kelas V Semester Gasal yang terdiri 22 siswa, 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi lima kelompok yang heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan masing masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggga1 1 Agustus 2011 sampai dengan 29 Oktober 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Semester Gasal SDN Sumberejo 09 Ambulu - Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan hasil tes individu. Persentase aktivitas siswa secara klasikal dari siklus I sebesar 59,09% dan siklus II sebesar 72,72%. Selain aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada pra siklus ketuntasan hasil belajar sebesar 41% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 54,54% dan siklus II meningkat lagi menjadi 77,27%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media peta dan gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Melihat fakta yang seperti ini diharapkan siswa lebih semangat dalam belajar dan saran yang diberikan yaitu agar guru dapat menggunakan pembelajaran ini sebagai salah satu pembelajaran altrnatif dengan menggunakan media. Peneliti lain juga dapat memperdalam penelitian tersebut tentunya dengan pokok bahasan yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1024
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository