Administrasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Jember
Abstract
Hasil Praktek Kerja Nyata,merupakan hasil yang diperoleh selama
melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Nyata di Satuan Polisi Pamong Praja
Kabupaten Jember. Praktek Kerja Nyata tersebut dalam pelaksanaanya, berjalan
dengan lancar tanpa hambatan. Sehingga, pelaksanaan administrasi surat masuk
dan surat keluar pada bidang kesekretariatan, dapat diambil kesimpulan :
a. Surat yang ada di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Jember masih
tetap menggunakan cara manual dengan berbentuk hardfile, hanya
beberapa surat tertentu saja yang diubah dalam bentuk digital (Portable
Document Format). Pihak kantor tidak menggunakan sistem aplikasi
yang berbasis online, karena tidak adanya sistem aplikasi yang dibuat
dan ketentuan dari Pemerintahan itu sendiri.
b. Tahapan pengelolaan surat masuk adalah penerimaan surat, pencatatan,
pendisposisian, pengajuan, pendistribusian dan pengarsipan surat.
Sedangkan pengelolaan surat keluar meliputi pengonsepan surat,
pengetikan, pemeriksaan, pencatatan dan pengiriman surat.
c. Masalah yang ada di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Jember
adalah, terdapat pada sistem pengarsipan yang kurang efektif karena
masih menggunakan sistem manual. Dalam pengarsipan tersebut sering
kali susah untuk menemukan surat, bahkan beberapa surat yang
diarsipkan hilang. Faktor-faktornya seperti lupa, dan kertas yang mudah
lapuk (robek). Arsip surat apabila yang dibutuhkan hilang, otomatis
mengetik ulang kembali.
d. Selama melaksanakan Praktek Kerja Nyata, kegiatan yang sering saya
lakukan menangani pada bagian surat. Membantu pencatatan surat yang
masuk ataupun keluar di buku agenda, menulis di lembar disposisi,
memberi penomoran surat pada arsip, mencetak data-data yang
diperlukan, membendel surat-surat berdasarkan alokasi kegiatan dan
memasukkan arsip kedalam map besar.