Prosedur Pelayanan Penggantian Dari Pascabayar Ke Prabayar Pada PT. Pln (Persero) Unit Layanan Pelanggan Kalisat
Abstract
Maintenance pelanggan atau migrasi pelanggan merupakan salah satu
kegiatan pelayanan pada PT. PLN (Persero) ULP Kalisat. Kegiatan maintenance
berguna agar pelanggan tetap menggunakan jasa dari perusahaan namun
perusahaan tetap mengembangkan produknya agar menjadi lebih efektif dan
efisien yang tetap sesuia dengan standar.
Berdasarkan kegiatan PKN, maka dapat disimpulkan bahwa :
1. Kegiatan pelayanan dari pascabayar ke prabayar terdapat beberapa prosedur yang
sudah ditentukan oleh PT. PLN (PERSERO). Dalam kegiatannya pelayanan ini
diakses melalui web (www.pln.co.id) dengan hanya menggunakan nomer induk
pelanggan yang sudah dimiliki saat menjadi pelanggan pascabayar agar bisa
akses migrasi dengan cepat dan efisien. Dalam pengisian data pada web tersebut
harus sesuai dengan data yang sesugguhnya dan sejujur-jujurnya, karena apabila
terdapat perbedaan data maka pihak PT. PLN (PERSERO) akan melakukan
tindak tegas pencabutan Meteran Listrik.
2. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan yaitu dengan melakukan proses
penginputan data pelanggan pada web (www.pln.co.id) hingga pelanggan
melakukan transaksi pembayaran pemasangan meteran listrik prabayar.
Kegiatan lainnya yaitu terjun langsung ke rumah-rumah pelanggan yang
menunggak dalam pembayaran listrik pascabayar dan melakukan tindak tegas
untuk mencabut dan meminta beralih ke listrik prabayar.