Peran Staf Ticketing Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Wisatawan DI Pelabuhan Bandar Bentan Telani PT Bintan Resort Cakrawala
Abstract
Pelabuhan Bandar Bentan Telani merupakan pelabuhan ferry terbaik di Kepulauan Riau dengan meliputi tugas operasional diantaranya ticketing, gate counter, bagasi, tally bag, manifest dan Bintan Executive Lounge. Ticketing counter merupakan pendistribusian seluruh tiket ferry di Pelabuhan, pada bagian ini staf ticketing memberikan pelayanan kepada wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara secara profesional, efektif dan efisien. Setelah wisatawan melakukan proses pembelian tiket, wisatawan akan melewati gate counter untuk scan boarding pass dengan menunjukan boarding pass yang sudah diterbitkan oleh staf ticketing. Jika wisatawan membawa bagasi, wisatawan diwajibkan untuk melakukan check-in terlebih dahulu di bagasi counter dengan menunjukan boarding pass, kemudian tally bag akan bertugas menangani bagasi wisatawan pada saat kedatangan kapal. Staf manifest akan mencatat seluruh data wisatawan untuk kemudian diarsipkan. Bintan Executive Lounge merupakan ruang tunggu penumpang dengan kelas bisnis yang meliputi beberapa fasilitas diantaranya yaitu bebas bagasi lebih besar, ruang tunggu yang nyaman ditambah dengan beberapa jamuan makanan ringan dan minuman, bagasi dan stamp paspor ditangani langsung oleh petugas. Seluruh staf operasional baik ticketing, bagasi, tally bag, manifest dan Bintan Executive Lounge menerapkan pelayanan secara profisional. Karena pelaku pelayanan dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang optimal dan sebaik mungkin kepada wisatawan.
Collections
- DP-Travel Agent [250]