• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Apriyanto Wibowo_1.pdf (594.4Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Apriyanto Wibowo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelaksanaan pelayanan seiring dengan berkembangnya waktu juga mulai memperhatikan tuntutan dari masyarakat, tuntutan tersebut tidak hanya dilihat dari kuantitas pelayanan tetapi juga dari kualitas pelayanan. Pelayanan diharapkan bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pelanggan atau pengguna jasa agar dapat dikatakan sebagai pelayanan yang berkualitas. Sebagai pihak yang ingin memperoleh pelayanan yang baik dan memuaskan. Kualitas pelayanan merupakan gambaran dari seberapa baik suatu organisasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Kualitas pelayanan dapat diukur dari lima dimensi yaitu: bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh organisasi publik dalam penelitian ini puskesmas kepada masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptiff. Lokasi penelitian di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik nonpropability sampling dengan lebih sepesifik mengunakan sampling incidental. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data ServQual. ServQual merupakan perhitungan dari skor persepsi pelanggan (percevide service) dikurangi skior harapan pelanggan (expected service). Dimana jika nilai hitung ServQual menghasilkan skor positif maka pelayanan yang diberikan dikatakan sangat baik, apabila menghsailkan skor nol (0) maka pelayanan yang diberikan baik, dan apabila mendapatkan skor negatif maka pelayanan yang diberikan dikatakan tidak baik. Hasil dari perhitungan untuk persepsi pasien terhadap lima dimensi kualitas pelayanan pada instalasi rawat jalan memperoleh skor 86,90 sedangkan hasil perhitungan dari harapan pasien terhadap lima dimensi kualitas pelayanan pada instalasi rawat jalan memperoleh skor 96,65. Sehingga perhitungan ServQual pada instalasi rawat jalan menghasilkan skor -9,75. Dengan demikian kualitas pelayanan yang terdapat pada puskesmas Sumbersari untuk pelayanan rawat jalan adalah tidak baik. Hasil perhitungan untuk persepsi pasien terhadap lima dimensi kualitas pelayanan pada instalasi rawat inap mendapatkan skor 68,80 sedangkan hasil perhitungan untuk harapan pasien terhadap lima dimensi kualitas pelayanan pada instalasi rawat inap memperoleh skor 97,82. Sehingga perhitungan ServQual pada instalasi rawat inap menghasilkan skor -29,02. Dengan demikian kualitas pelayanan yang terdapat pada puskesmas Sumbersari di Kabupaten Jember untuk pelayanan rawat inap adalah tidak baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10225
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository