Pengaruh Reliability, Responsiveness Dan Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Wakul Bu Tjipto Lumajang
Abstract
Pada era bisnis saat ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat. Persaingan yang semakin ketat ini menuntut para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar global. Dengan memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan pelanggan, maka akan memberikan masukan penting bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan kepuasan konsumen. Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati oleh masyarakat, karena selain menghasilkan keuntungan yang tinggi, makanan juga menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Dalam hal tersebut mengakibatkan banyaknya rumah makan yang bermunculan di kota Lumajang dengan berbagai konsep yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Untuk mengatasi persaingan antara pelaku bisnis, maka pelaku bisnis harus menentukan strategi pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Orientasi pada konsumen itu dilakukan oleh pelaku bisnis dengan membuat inovasi-inovasi yang mampu memberikan kepuasan akan kebutuhan dan keinginan konsumen.