Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kabupaten Jember (Studi Kasus Di PT. Mitra Pinastika Mustika Tbk Cabang Diponegoro Jember)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan
Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kabupaten Jember (Studi Kasus di PT.
Mitra Pinastika Mustika Tbk Cabang Diponegoro Jember)". PT. Mitra Pinastika
Mustika Tbk Cabang Diponegoro Jember merupakan distributor penyedia
pelayanan purna jual dan suku cadang sepeda motor Honda. Terletak di Jl.
Diponegoro No. Kav. 42-45, Tembaan, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates,
Kabupaten Jember. MPM Diponegoro merupakan main dealer yang berarti
semua peraturan dan kebijakan dibuat dan semua dealer cabang Jember harus
mengikuti peraturan yang sudah dibuat. Penjualannya juga merupakan penjualan
tertinggi dari semua dealer yang ada di Jember.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan menganalisis
pengaruh Bauran Pemasaran (X) yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan
promosi secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor
Honda Vario di Kabupaten Jember (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan teknis analisis data berupa analisis regresi linier berganda.
Populasi penelitian ini merupakan pembeli sepeda motor Honda Vario di MPM
Diponegoro, dan untuk sampel yang digunakan sebanyak 97 responden,
ditentukan dengan Teknik nonprobability sampling menggunakan rumus slovin.
Hasil pengujian dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa:
1) produk (X1) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian Sepeda
Motor Honda Vario di Kabupaten Jember (Y); 2) Harga (X2) secara parsial
berpengaruh terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Vario di
Kabupaten Jember (Y) 3) Distribusi (X3) secara parsial berpengaruh terhadap
keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kabupaten Jember (Y); 4)
Promosi (X4) secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian
Sepeda Motor Honda Vario di Kabupaten Jember (Y); 5) Bauran Pemasaran (X)
secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda
Vario di Kabupaten Jember (Y).