PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERJASAMA DI SEKOLAH DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS 3 SDN AJUNG 04 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas  3  SDN  Ajung 04 Kalisat 
disebabkan karena  metode  pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat 
konvensional atau kurang bervariasi sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas dan 
minat siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan apa yang dipelajari oleh 
siswa hanya tertanam sebagai kalimat-kalimat hafalan saja. Akibatnya hasil belajar 
siswa rendah, hal ini ditunjukkan  dengan  nilai rata-rata siswa sebesar  60,15 yang 
mana dalam kategori ini, hasil belajar siswa  masih tergolong dalam kategori cukup 
baik dan perlu adanya peningkatan hasil belajar agar diperoleh hasil belajar yang 
maksimal, khususnya dalam pembelajaran IPS di SDN Ajung 04 Kalisat. Siswa 
belum bisa menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dan bagaimana 
pengetahuan itu akan digunakan. Sehingga rumusan masalah yang timbul  yaitu 
bagaimanakah  peningkatan  aktivitas dan hasil belajar IPS pokok bahasan kerjasama 
di sekolah dengan metode simulasi pada siswa kelas 3 SDN Ajung 04 Kalisat Jember 
Tahun Pelajaran 2011/ 2012. 
Pembelajaran  dengan metode simulasi  merupakan konsep belajar yang 
membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata 
dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya 
dengan perencanaan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penerapan metode simulasi 
dalam pembelajaran,  lebih berpusat pada  pengembangan aktivitas dan kemampuan siswa, pengetahuan diperoleh dengan menemukan, melatih siswa untuk berfikir kritis, 
bekerjasama, kreatif, dan penilain didasarkan atas proses dan hasil pembelajaran. 
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar 
siswa dalam pembelajaran IPS.  
Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Ajung 04 Kalisat 
Jember, dimulai pada tanggal  19  September 2011 sampai tanggal 10  Oktober 2011. 
Subyek penelitian adalah siswa kelas  3  dengan jumlah siswa  20 anak, terdiri dari  8 
laki-laki dan  12  perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan 
kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan 
metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa 
analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I,dan II, analisis  aktivitas 
selama proses pembelajaran IPS, analisis  hasil belajar siswa,  dan jawaban siswa 
terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. 
    Hasil analisis  aktivitas  siswa kelas  3  SDN  Ajung 04 Kalisat  selama 
pembelajaran IPS  dengan  metode simulasi.  Nilai pencapaian  aktivitas siswa  dari 
siklus I, sebesar 35%, siklus II sebesar 95%. Hasil analisis persentase ketuntasan hasil 
belajar siswa  kelas  3  SDN  Ajung 04  dalam  pembelajaran IPS  setelah menerapkan 
metode simulasi dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh 
ketuntasan klasikal sebesar 55%, siklus II menjadi 95%. 
  Kesimpulan dari penelitian ini adalah  pembelajaran IPS  dengan  penerapan 
metode simulasi dalam pembelajaran dapat dijadikan salah satu alternatif pendekatan 
pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil 
penelitian, saran yang dapat kami sampaikan diantaranya,  pembelajaran IPS  dengan 
metode simulasi hendaknya diterapkan guru dalam mengajar di kelas sebagai variasi 
strategi pembelajaran dan mengurangi kejenuhan siswa selama kegiatan 
pembelajaran.
