Show simple item record

dc.contributor.authorAnik Winarni
dc.date.accessioned2013-12-19T01:22:34Z
dc.date.available2013-12-19T01:22:34Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210204249
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10219
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran di sekolah saat ini, masih belum sepenuhnya menerapkan pendekatan maupun metode pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pada umumnya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah ataupun metode tanya jawab dan penugasan tanpa mengkombinasikan dengan pendekatan atau metode lain yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) yaitu dengan menggunakan media berupa beberapa hewan nyata dan siswa melakukan percobaan sendiri secara langsung bersama kelompoknya, dapat berpengaruh besar pada aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penerapan model pembelajaran ROPES mampu memunculkan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif, serta dapat memberikan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV semester gasal tahun ajaran 2011/2012 SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dalam pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya melalui penerapan model pembelajaran ROPES. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran dengan model ROPES dalam mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Desain penelitian yang digunakan adalah model dari Hopkins yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA dengan model ROPES dan analisis tes hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model ROPES pada siklus I dan siklus II. Hasil analisis aktivitas siswa pada tahap prasiklus mencapai 39,28% dengan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 45,71%. Hal ini menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran kurang aktif dan secara klasikal ketuntasan hasil belajar yang diperoleh belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 58,95% dan secara klasikal ketuntasan hasil belajar yang dicapai sebesar 71,43%, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 72,37% dengan ketuntasan belajar siswa yang dicapai sebesar 88,57%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II, siswa telah mengikuti pembelajaran dengan aktif dan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh telah memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan model ROPES pada pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga model ROPES ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam penyajian pembelajaran IPA khususnya dalam penanaman konsep awal siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204249;
dc.subjectReview, Overview, Presentation, Exercise, Summaryen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) DENGAN PEMBERIAN TUGAS SISWA KELAS IV SD NEGERI JEMBER LOR 05 JEMBER SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record