dc.description.abstract | Pembelajaran fisika dalam kurikulum 2013 memiliki tujuan menguasai
konsep, prinsip serta memiliki keterampilan dalam melakukan metode ilmiah.
Metode ilmiah dalam pembelajaran fisika diarahkan kepada kemampuan prosedural
berupa keterampilan kerja ilmiah. Keterampilan kerja ilmiah perlu diajarkan serta
dikembangkan kepada siswa untuk mengarahkan mereka agar memiliki
kemampuan seperti para ahli dalam menyelesaikan segala permasalahan sehari-hari
dengan langkah-langkah mengamati suatu kejadian, merumuskan masalah,
merumuskan hipotesis, menerapkan konsep, merumuskan variabel, mendefinisikan
operasional variabel, menyajikan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan.
Untuk menumbuhkan keterampilan kerja ilmiah tersebut, maka pembelajaran yang
dilakukan berupa kegiatan praktikum. Pada dasarnya praktikum fisika dilakukan di
laboratorium sekolah, akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi dalam
dunia pendidikan saat ini, telah dikembangkan software berupa media simulasi
crocodile physics yang bisa menjadi rekomendasi serta alternatif sekolah dan guru
fisika dalam melaksanakan pembelajaran praktikum berupa pengajaran,
pengembangan dan penilaian kemampuan keterampilan kerja ilmiah siswa.
Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan yang pertama dari penelitian ini
adalah mendeskripsikan tingkat kemampuan keterampilan kerja ilmiah siswa saat
menggunakan media simulasi crocodile physics. Tujuan kedua dari penelitian ini
yaitu mengetahui adanya peningkatan kemampuan keterampilan kerja ilmiah siswa
dari praktikum 1 ke praktikum 2. Tempat penelitian dan sampel penelitian
ditentukan dengan teknik purposive sampling area. Subjek penelitian
menggunakan salah satu kelas X MIPA di SMAN Jenggawah berdasarkan rata-rata
praktikum yang terbaik pada materi sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan pada
semester genap tahun pelajaran 2018/2019 mulai tanggal 16, 17, 23 dan 24 April
2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan penilaian lembar kerja praktikum dan penilaian lembar observasi
selama kegiatan praktikum berlangsung.
Hasil penelitian yang diperoleh, pertama kemampuan keterampilan kerja
ilmiah siswa saat menggunakan media simulasi crocodile physics menunjukkan
bahwa siswa sudah sangat terampil dalam merumuskan masalah, merumuskan
hipotesis, mengkomunikasikan data serta memiliki kemampuan terampil dalam
menerapkan konsep, merumuskan variabel dan mendefinisikan operasional
variabel. Sedangkan pada indikator menganalisis data dan membuat kesimpulan
memiliki kemampuan cukup terampil. Kedua, Terdapat peningkatan kemampuan
keterampilan kerja ilmiah siswa dari praktikum 1 ke praktikum 2 saat menggunakan
media simulasi crocodile physics pada seluruh indikator. Hal ini dapat diketahui
dari hasil analisis grafik trendline pada microsoft excel berupa besar nilai gradien
atau kemiringan garis antar kedua grafik. Untuk indikator menganalisis data baik
pada penilaian lembar kerja praktikum dan lembar observasi berdasarkan gradien
garis antar kedua grafik terjadi peningkatan kemampuan yang relatif kecil.
Berdasarkan uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi
media simulasi crocodile physics dapat mendeskripsikan tingkat kemampuan
keterampilan kerja ilmiah siswa dan implementasi media simulasi crococodile
physics dapat meningkatkan kemampuan keterampilan kerja ilmiah dari praktikum
1 ke praktikum 2. | en_US |