dc.description.abstract | Rendahnya nilai hasil belajar matematika di sekolah disebabkan oleh
beberapa faktor salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan di
sekolah kurang bervariatif, sehingga pemahaman terhadap konsep matematika sulit
dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah
matematika yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran
matematika. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika, khususnya pada pokok bahasan perkalian adalah Melalui penerapan
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran berbasis aneka
sumber. Pembelajaran tersebut siswa mendapatkan pengalaman baru tentang cara
berhitung matematika. Beberapa media yang diberikan guru diharapkan siswa akan
lebih mudah menyelesaiakn soal perkalian dengan benar. Rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu, bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran berbasis aneka
sumber.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan pembelajaran
matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran
berbasis aneka sumber pokok bahasan perkalian, (2) mengetahui aktivitas siswa
dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan
media pembelajaran berbasis aneka sumber pokok bahasan perkalian, dan (3)
mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media pembelajaran berbasis aneka
sumber pokok bahasan perkalian.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IVA di SDN Tanggul Wetan 02 tahun pelajaran
2011/2012. Data diambil pada tanggal 28 Juli - 9 Nopember 2011. Model
pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan desain model Hopkins dengan
melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam
penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan
dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan peneliti dibantu oleh 4
orang observer.
Berdasarkan hasil analisis data pada aktivitas siswa secara klasikal mengalami
peningkatan sebesar 36,1% yaitu pada siklus 1 mencapai 47,2% dan siklus 2
mencapai 83,3%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar
19,4%, yakni dari siklus 1 mencapai 69,4% dan pada siklus 2 mencapai 88,8%,
dengan hasil yang dicapai tersebut dapat dinyatakan tuntas.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw dengan media pembelajaran berbasis aneka sumber dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran
Matematika pokok bahasan perkalian di Tanggul Wetan 02. | en_US |