PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA BERDASARKAN KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SDN KEMUNING LOR 04 JEMBER
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar dan kurangnya aktivitas siswa pada mata
pelajaran IPS kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember disebabkan oleh beberapa
faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih kurang
bervariasi, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan strategi
pembelajarannya tidak disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena
itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna. Sehingga rumusan masalah yang
timbul yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV
pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan
Kenampakan Alam melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di
SDN Kemuning Lor 04 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012?
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran IPS Kelas IV
SDN Kemuning Lor 04 Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian
ini, dilaksanakan di SDN Kemuning Lor 04 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember,
dimulai pada tanggal 18 Juli 2011 sampai tanggal 31 Desember 2011. Subyek
penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 29 anak, terdiri dari 14 lakilaki
dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas
metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa
analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, tes akhir sklus II, dan analisis
aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS serta jawaban siswa terhadap
wawancara yang dilakukan oleh peneliti.
Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04
Jember selama proses pembelajaran melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah
yaitu sebesar 93,10%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan
siklus II adalah sebesar 63,29 % dan 83,90 % yang termasuk dalam kategori sangat
aktif, sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember
selama proses pembelajaran melaui Model Pembelajaran Berbasis Masalah sangat
signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kemuning
Lor 04 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka
dapat diajukan saran yaitu model pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan
sebagai variasi dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa.