Reaksi Pasar Terhadap Dilantiknya Erick Thohir Sebagai Menteri Bumn Studi Empiris Pada Saham Sub Sektor Periklanan Advertising Percetakan Printing Dan Media
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar dengan cara menganalisis adanya perbedaan abnormal return sebelum, saat, dan sesudah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi peristiwa (event study) dan melakukan uji hipotesis dengan menganalisis data numerik dalam perhitungannya. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar sebagai sub sektor periklanan (advertising), percetakan (printing) & media sebanyak 19 perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan. Pengambilan sempel penelitian ini menggunakan porposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu berupa data closing price pergerakan harian saham sub sektor periklanan (advertising), percetakan (printing) & media dalam waktu 15 hari perdagangan yang terbagi pada sebelum, saat dan sesudah dilantiknya Erick Thohir sebagai menteri BUMN. Data terebut dikumpulkan dari situs idx.co.id, investing.com dan finance.yahoo.com. Pada penelitian ini menggunakan Paired Sample Test untuk data yang berdistribusi normal dan Wilcoxon Paired Sample untuk data yang berdistribusi tidak normal.