• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Dimensi Tiga

    Thumbnail
    View/Open
    Rizky Hayina - 120210101123.pdf (1.831Mb)
    Date
    2019-07-24
    Author
    HAYINA, Rizky
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan suatu negara. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Hasbullah (1999:122) bahwa nasionalisme dalam pendidikan terutama bertujuan untuk memelihara dan memuliakan negara. Pendidikan merupakan pilar utama dalam kemajuan suatu bangsa. Suatu negara dikatakan maju apabila pendidikan suatu negara tersebut berkembang pesat dan memadai. Dengan pendidikan, seseorang bisa meningkatkan potensi diri dan cara berfikir, serta pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi bangsa yang ingin maju, karena pendidikan dapat menjadi tolak ukur kualitas suatu bangsa. Pada penelitian ini digunakan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual karena masih jarang digunakan atau diterapkan di sekolah, sehingga perlu dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini berbasis permasalahan kontekstual pada pokok bahasan dimensi tiga bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika. Kegiatan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual pokok bahasan dimensi tiga menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria, valid, efektif, dan praktis. Valid ditunjukkan dati tahap validasi oleh dua validator, hasil validasi dan interpretasi Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual yaitu 0.84 dan interpretasinya sangat tinggi. Praktis ditunjukkan dari presentase angket respon siswa yang memperoleh 86.25% dengan kategori baik. Efektif ditunjukkan dari tes hasil belajar siswa, dimana siswa mendapat nilai di atas KKM. Hasil keseluruhan subjek yang d uji yang berjumlah sembilan siswa memperoleh nilai 80% dan dalam kategori baik
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102036
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository