Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Dimensi Tiga
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas
sumber daya manusia dan mempunyai peranan penting untuk menjamin
perkembangan suatu negara. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Hasbullah
(1999:122) bahwa nasionalisme dalam pendidikan terutama bertujuan untuk
memelihara dan memuliakan negara. Pendidikan merupakan pilar utama dalam
kemajuan suatu bangsa. Suatu negara dikatakan maju apabila pendidikan suatu
negara tersebut berkembang pesat dan memadai. Dengan pendidikan, seseorang
bisa meningkatkan potensi diri dan cara berfikir, serta pendidikan merupakan
kebutuhan pokok bagi bangsa yang ingin maju, karena pendidikan dapat menjadi
tolak ukur kualitas suatu bangsa.
Pada penelitian ini digunakan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual
karena masih jarang digunakan atau diterapkan di sekolah, sehingga perlu
dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Lembar
Kerja Siswa (LKS). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) ini berbasis
permasalahan kontekstual pada pokok bahasan dimensi tiga bertujuan untuk
meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika.
Kegiatan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual
pokok bahasan dimensi tiga menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang
memenuhi kriteria, valid, efektif, dan praktis. Valid ditunjukkan dati tahap
validasi oleh dua validator, hasil validasi dan interpretasi Lembar Kerja Siswa
(LKS) berbasis kontekstual yaitu 0.84 dan interpretasinya sangat tinggi. Praktis
ditunjukkan dari presentase angket respon siswa yang memperoleh 86.25%
dengan kategori baik. Efektif ditunjukkan dari tes hasil belajar siswa, dimana
siswa mendapat nilai di atas KKM. Hasil keseluruhan subjek yang d uji yang
berjumlah sembilan siswa memperoleh nilai 80% dan dalam kategori baik