• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN (IMPORTANCE) DAN KINERJA (PERFORMANCE) KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN EF ENGLISH FIRST NUSANTARA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    18_01.pdf (119.0Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Haidiar Zulmi Farensi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini berjudul “Analisis Tingkat Kepentingan (Importance) dan Kinerja (Performance) Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen EF English First Nusantara Jember”. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dari lima dimensi kualitas pelayanan yang menjadi prioritas dalam upaya memuaskan konsumen atau siswa untuk selanjutnya dapat dijadikan dasar dalam menentukan strategi pemasaran. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei dengan mengambil obyek penelitian EF English First Nusantara Jember. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa-siswi EF English First Nusantara Jember sebagai responden. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Dari Importance–Performance Análysis dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang seharusnya menjadi prioritas dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu item pertanyaan bernomor 1, 8, 12, 13, 16, 17, yang berada pada posisi kuadran A, karena tingkat kepentingan konsumenn yang tinggi tidak disertai dengan kinerja yang tinggi pula. Untuk item-item pertanyaan nomor 4, 5, 15, dalam kuadran B perlu dipertahankan, karena pada umumnya tingkat pelaksanaannya telah sesuai dengan kepentingan dan harapan konsumen. Item-item pertanyaan nomor 2, 9, 10, 11, 14, merupakan atributatribut yang berada dalam kuadran C, dengan pengertian bahwa kualitas layanan itemitem tersebut biasa saja dan dianggap kurang penting oleh konsumen. Untuk item-item pertanyaan bernomor 3, 6, 7, dalam kuadran D dinilai berlebihan dalam pelaksanaannya, hal ini terutama disebabkan karena konsumen menganggap tidak terlalu penting terhadap adanya atribut tersebut, akan tetapi pelaksanaannya dilakukan dengan baik sekali oleh perusahaan. Berdasarkan Importance-Performance Análisis dapat dibuat kesimpulan mengenai alternatif strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh perusahaan, yaitu meningkatkan atribut-atribut pelayanan yang masuk pada kuadran A, dan C serta, mempertahankan atribut-atribut yang masuk pada kuadran B dan D.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10196
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository