Kesesuaian Antara Muatan Isi Buku Siswa Kelas VI Tema 4 Globalisasi dengan Kurikulum 2013
Abstract
Buku siswa yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan merupakan buku pedoman pembelajaran bagi siswa yang
menggunakan pendekatan tematik dengan melibatkan keaktifan siswa dan
kegiatan yang menyenangkan. Siswa tidak hanya didorong untuk mengetahui,
namun belajar untuk melakukan, belajar untuk menjadi, dan belajar untuk hidup
bersama, namun berdasar pengakuan pengguna yaitu guru kelas VI SDN Jember
Lor 05 bahwa isi buku siswa kelas VI terlalu mendasar atau kurang luas dan
mendalam dalam segi materi, sehingga guru dan siswa perlu menggunakan buku
dari sumber lain untuk membantu menunjang proses pembelajaran. Berdasarkan
hal tersebut, perlu adanya evaluasi pada buku siswa yang bertujuan untuk
mengevaluasi apakah muatan isi dalam buku siswa sudah sesuai dengan standar
kurikulum 2013, sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa.
Evaluasi ini dilakukan pada buku siswa kelas VI tema 4 Globalisasi edisi
revisi tahun 2018. Kesesuaian buku siswa dengan Kurikulum 2013 memiliki
beberapa indikator untuk diteliti antara lain: keluasan materi, kedalaman materi,
kesesuaian materi dengan aspek pengetahuan, kesesuaian kegiatan dengan
pendekatan saintifik, serta kesesuaian ilustrasi. Jenis penelitian yang digunakan
adalah evaluasi-kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yakni instrumen
utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu instrumen kesesuaian
isi buku siswa dengan kurikulum 2013, sedangkan metode pengumpulan data
menggunakan analisis isi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi instrumen
kesesuaian isi buku siswa dengan kurikulum 2013 yang telah divalidasi oleh dua
validator dari dosen PGSD UNEJ diperoleh skor 86,25 yang termasuk dalam
kategori sangat layak untuk digunakan.