• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS LOYALITAS MEREK (BRAND LOYALTY) PRODUK DETERJEN PADA MAHASISWA S1JURUSAN MANAJEMEN ANGKATAN 2003-2006 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    13_01.pdf (73.37Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    MOCH. ZAINUL ARIFI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Loyalitas merek yang menjadi fokus dalam penelitian ini menjadi fenomena yang menarik bagi perusahaan dalam rangka menghadapi ketatnya persaingan, dimana semakin banyak merek baru yang bermunculan di pasar. Semakin kuat brand loyalty suatu merek, semakin kuat pula daya tarikya di mata konsumen untuk mengkonsumsi merek tersebut yang selanjutnya mengiring konsumen pada tindakan pembelian serta mengantarkan perusahaan meraih keuntungan dari waktu ke waktu. Penelitian yang dilakukan oleh Moch. Zainul Arifi, yang berjudul Analisis Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Produk Deterjen pada Mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Angkatan 2003-2006 Fakultas Ekonomi Universitas Jember menganalisa indikator-indikator brand loyalty yaitu Switcher, Habitual Buyer, Satisfied Buyer, Liking The Brand, dan Committed Buyer. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rata-rata dan standar deviasi, brand switching pattern matrix, dan piramida brand loyalty. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif survey dimana informasi yang didapatkan berasal dari responden dengan menggunakan kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi jurusan manajemen angkatan 2003-2006 dengan menggunakan teknik purposive sample. Berdasarkan analisis brand loyalty, deterjen Rinso, Attack, dan So Klin memiliki tingkat loyalitas yang kuat dengan bentuk piramida brand loyalty yang mendekati piramida terbalik sempurna. Deterjen Rinso mempunyai konsumen paling banyak pada tingkat satisfied buyer dan liking the brand dimana nilai masing-masing tingkatan sebesar 90%. Deterjen Attack mempunyai konsumen paling banyak pada tingkat satisfied buyer sebesar 96,67%. Deterjen So Klin memiliki jumlah konsumen terbesar pada tingkat Satisfied Buyer dan Liking The Brand, dimana nilai masing-masing tingkatan sebesar 96,67%. Berdasarkan brand switching pattern matrix analysis, deterjen Rinso dan So Klin memiliki nilai tingkat kemungkinan perpindahan merek yang besar yaitu 51,08%, sehingga pada masa yang akan datang ada kemungkinan tingkat loyalitas merek produk ini menurun, sedangkan nilai ProT deterjen Attack sebesar 31,01%, nilai ini menunjukkan pada masa yang akan datang ada kemungkinan tingkat loyalitas merek pada deterjen Attack akan menguat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10191
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository