dc.description.abstract | Buku siswa tematik kurikulum 2013 edisi revisi 2018 merupakan
buku pegangan untuk siswa. Buku siswa harus disesuaikan dengan kurikulum
2013 dalam pemenuhan konten materi sebagaimana tercantum dalam standar
kompetensi lulusan, standar isi, dan standar proses yang ditetapkan oleh peraturan
menteri sebagai penunjang proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Informasi yang didapatkan dari hasil wawancara dengan guru kelas VI SDN
Jember Lor 05 sebagai pengguna buku siswa, bahwa materi dalam buku siswa
sangat mendasar, kurang luas dan kurang mendalam, selain itu dalam penggunaan
buku siswa guru pernah menemukan beberapa ketidaksesuaian diantaranya
mengenai materi dengan pencapaian KD dan beberapa gambar yang tersaji pada
buku siswa terkadang kurang sesuai dengan penjelasan materi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah kesesuaian
antara materi dengan KD, keluasan materi, kedalaman materi, aspek pengetahuan,
dan ilustrasi dalam buku ajar siswa kelas VI Tema 7 Kepemimpinan dengan
Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis
deskriptif. Kesesuaian materi yang dianalisis dalam penelitian ini berpedoman
pada Kurikulum 2013 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar, standar
kompetensi lulusan, standar isi, serta standar proses yang telah ditetapkan oleh
Permendikbud tahun 2016. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
instrumen lembar analisis data kesesuaian materi buku siswa dengan kurikulum
2013. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis isi (content analysis)
yang terdiri dari 4 tahap yaitu pengumpulan data, pereduksian data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Data yang dianalisis adalah kesesuaian materi
buku siswa kelas VI tema 7 kepemimpinan edisi revisi 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian materi dengan KD
dalam kurikulum 2013 dikategorikan sangat sesuai, ditunjukkan adanya
persentase sebesar 83,3%. Materi pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA
dan SBdP yang termuat pada buku siswa kelas VI tema 7 kepemimpinan dalam
pengaitan materi dari materi sebelumnya ke materi selanjutnya sudah terlihat,
akan tetapi untuk pengintegrasian dalam sebuah tema belum sepenuhnya terlihat
karena untuk materi pelajaran IPS dan IPA masih terlihat berdiri sendiri walapun
materi pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, dan SBdP sudah terintegrasi dengan
baik sesuai dengan tema kepemimpinan, keluasan materi dalam kurikulum 2013
dikategorikan sesuai, ditunjukkan adanya persentase sebesar 64,7%, kedalaman
materi dalam kurikulum 2013 dikategorikan sesuai, ditunjukkan adanya
persentase sebesar 75,8%, kesesuaian materi dengan aspek pengetahuan dalam
kurikulum 2013 dikategorikan sesuai, ditunjukkan adanya persentase sebesar
76,6%, kesesuaian materi dengan ilustrasi dikategorikan sangat sesuai,
ditunjukkan adanya persentase sebesar 84,1%.
Kesimpulan hasil penelitian adalah kesesuaian materi dengan KD
diperoleh persentase sebesar 83,3% dapat dikategorikan sangat sesuai, keluasan
materi diperoleh persentase sebesar 64,7 % dapat dikategorikan sesuai, kedalaman
materi diperoleh persentase sebesar 75,8% dapat dikategorikan sesuai, aspek
pengetahuan diperoleh persentase sebesar 76,6% dapat dikategorikan sesuai, dan
kesesuaian ilustrasi diperoleh persentase sebesar 84,1% dapat dikategorikan
sangat sesuai.
Saran yang dapat diambil adalah bagi guru, guru harus memperhatikan
secara detil materi yang ada di dalam buku yang akan digunakan sehingga dapat
dijadikan acuan dalam melengkapi kekurangan yang terdapat dalam buku siswa
tersebut untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai kurikulum 2013, bagi
peneliti, diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan mengenai kualitas
buku yang akan digunakan, dan bagi peneliti lain, diharapkan dapat menjadi
referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya yang relevan. | en_US |