dc.description.abstract | Pendidikan IPA atau sains merupakan pendidikan yang pentimg pada era
revolusi industri 4.0 dalam menghadapi dampak dari perkembangan IPA dan teknologi.
Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan berpikir kritis, inovatif, dan kreatif
dalam memecahkan masalah dengan baik. Untuk menunjang keberhasilan dalam
mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik diperlukan pendekatan dan
perangkat pembelajaran yang sesuai agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan era saat ini salah satunya yaitu
Pendekatan Terpadu Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).
Selain pendekatan yang sesuai, perangkat pembelajaran juga diperlukan dalam
mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik salah satunya yaitu Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD).
Kenyataan yang didapatkan dari hasil observasi ditemukan bahwa dalam proses
pembelajaran, guru tidak membuat LKPD sendiri dan masih menggunakan LKPD dari
penerbit. LKPD yang digunakan saat ini juga memiliki isi yang lebih menekankan pada
pertanyaan, pengisian soal tanpa menjelaskan bagaimana proses yang dialami peserta
didik dalam menyelesaikan jawaban dari pertanyaan yang masih berupa kegiatan yang
kurang mengembangkan peserta didik untuk aktif, kreatif, dan inovatif. Oleh karena itu
perlu dikembangkan LKPD berbasis STEM dapat menumbuhkan inovasi, kreativitas,
dan hasil belajar peserta didik sesuai dengan tujuan pembelajaran di sekolah dasar.
LKPD berbasis STEM sebagai penunjang perangkat pembelajaran yang belum
mengarah dalam menumbuhkan inovasi dan kreativitas dalam memecahkan suatu
permasalahan kehidipan sehari-hari layaknya seorang engineer.
Berdasarkan uraian di atas menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis
STEM dirasa tepat jika memfokuskan pada gaya gravitasi dan gaya gesek. Materi
tersebut terdapat pada kelas IV semester dua dalam sub tema “Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku”. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui validitas LKPD
berbasis STEM pada sub tema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku (pokok
bahasan gaya gravitasi dan gaya gesek) untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar (2)
menguji efektivitas LKPD berbasis STEM pada sub tema Indahnya Persatuan dan
Kesatuan Negeriku (pokok bahasan gaya gravitasi dan gaya gesek) untuk peserta didik
kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (Research And
Development). Subjek dalam uji coba ini adalah peserta didik SD IT Nurul Ilmi Jombang
dan SD NU Padomasan Jember yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran
2019-2020. Desain penelitian pengembangan pada penelitian ini adalah model
pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk. (dalam Trianto, 2017).
Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define),
perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate) namun
dibatasi hingga tahap pengembangan karena keterbatasan dana dan waktu yang dimiliki
oleh peneliti.
Hasil pengembangan dari LKPD berbasis STEM ini didapatkan hasil validitas
LKPD berbasis STEM yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian dari validator
ahli dan pengguna dinyatakan sangat valid. Persentase kevalidan validasi ahli sebesar
92,3% dan validasi pengguna sebesar 93,8%. Berdasarkan hasil uji coba dinyatakan
efektif dilihasi dari hasil kompetensi peserta didik. Hasil kompetensi peserta didik
menunjukkan di SD IT Nurul Ilmi Jombang rata-rata nilai N-gain sebesar 0,50 dengan
kategori sedang dan di SD NU Padomasan Jember rata-rata nilai N-gain sebesar 0,53
dengan kategori sedang. Sehingga LKPD berbasis STEM yang telah dikembangkan dan
telah diuji efektif digunakan dalam pembelajaran | en_US |