Modelisasi Lampu Dinding Melalui Penggabungan Hasil Deformasi Benda-Benda Geometri dan Kurva Bezier
Abstract
Lampu merupakan suatu benda yang berfungsi sebagai penerangan. Bentuk
dan jenis lampu sangat beragam, tergantung pada fungsi dan penempatannya. Jenis
lampu yang dirancang untuk dipasang pada dinding disebut lampu dinding.
Penempatan lampu dinding yang tepat dapat menambah keindahan ruangan. Secara
umum, lampu dinding terdiri dari bagian dudukan, penghubung dan kap lampu.
Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan beragam bentuk
bagian-bagian lampu dinding menggunakan teknik hasil deformasi benda-benda
geometri dan kurva Bezier sehingga lebih bervariasi.
Modelisasi lampu dinding dibagi menjadi tiga tahapan seperti berikut.
Pertama, membangun beberapa benda dasar sebagai bagian dudukan, penghubung
dan kap lampu. Kedua, merangkai benda dasar komponen lampu dinding. Tahapan
terakhir yaitu dilakukan modelisasi lampu dinding dengan bantuan program.
Hasil penelitian ini mendapatkan metode hitung untuk memodelisasi lampu
dinding. Pertama, untuk mendesain bermacam-macam bentuk bagian lampu
dinding dari benda dasar kerucut, prisma segisepuluh, tabung dan balok adalah
sebagai berikut (a) Membangun kurva Bezier, (b) Menginterpolasikan masingmasing kurva batas. Kedua, langkah-langkah perangkaian bagian-bagian lampu
dinding pada dua jenis sumbu pemodelan adalah sebagai berikut. Membagi sumbu
menjadi dua segmen yang diperlukan sebagai sumbu bagian dudukan, penghubung
dan kap lampu. Selanjutnya, mengisi setiap segmen sumbu dengan bagian-bagian
lampu dinding sehingga menghasilkan model lampu dinding yang bervariasi.