• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pendayagunaan Prinsip Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak (Tpa) Sebagai Metode Intervensi Dalam Membangun Kemandirian Anak DI TPA Sabilur Rahim, Patrang, Jember Utilization Principles of Handling a Childcare as an Intervention Method in Developing Children Self Independence in Sabilur Rahim Childcare, Patrang, Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Abela Ridma Oktavia-140910301031.pdf-.pdf (2.869Mb)
    Date
    2020-03-20
    Author
    OKTAVIA, Abela Ridma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Taman Penitipan Anak adalah wahana pelayanan pendidikan dan pembinaan kesejahteraan anak atau lembaga yang melengkapi peranan keluarga dalam merawat dan mengasuh anak selama orangtua tidak di tempat atau berhalangan. Salah satu fokus perkembangan anak yakni sikap mandiri anak. Kemandirian penting ditanamkan sebagai bekal dewasanya nanti agar dapat berfungsi sosial yang baik sesuai perannya. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis bagaimana pendayagunaan prinsip penyelenggaraan taman penitipan anak sebagai metode intervensi dan bagaimana metode intervensi tersebut dalam membangun kemandirian anak sebagai peran lembaga pengasuhan anak dalam mendidik anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Teknik penentuan informan purposive sampling dengan informan pokok yakni pengasuh (TS) dan informan tambahan sejumlah 3 orang, yakni guru (BE) dan wali murid AN dan PH, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan/observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan 7 tahap yakni : pengumpulan data mentah, transkip data, pembuatan koding, kategorisasi data, penyimpulan sementara, triangulasi, lalu penyimpulan akhir. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan berupa pemberian peran kepada anak sebagai leader, memberi keleluasaan anak untuk mencoret-coret tembok kelas, anak dibebaskan untuk memilih aktivitasnya dan sadar konsekuensi pilihannya, dan anak didorong untuk konsisten mengaplikasikan prinsip-prinsip pengasuhan. Intervensi tersebut membentuk sikap percaya diri, tanggung jawab, kontrol diri dan ketegasan diri, serta mampu berinisiatif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101865
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository