dc.description.abstract | Berbagai fenomena penggunaan bahasa berkembang di masyarakat
Indonesia saat ini. Salah satunya yaitu banyaknya lagu barat, lagu orang dewasa
yang banyak disukai oleh kalangan pelajar sehingga menurunya kebiasaan
menyanyikan lagu-lagu nasional. Lagu orang dewasa banyak yang tidak sesuai
dengan perkembangan mental dan psikologi remaja. Banyak lagu orang dewasa
yang berisi penghujataan, keputusasaan, dan vulgaritas yang seharusnya tidak
diterima oleh para pelajar. Hal itu, akan meningkatkan penurunan moral para
pelajar. Maka, dibutuhkan pendidikan karakter untuk mengatasi penurunan moral
para pelajar.
Perkembangan mental para remaja dipengaruhi banyak hal termasuk dari
apa yang telah mereka dengar seperti lagu. Lagu yang sesuai dengan
perkembangan remaja maka bisa digunakan sebagai media pendidikan misalnya
lagu nasional. Melalui, lagu secara tidak langsung anak juga akan belajar bahasa.
Lagu nasional dapat dijadikan media pendidikan yang di dalamnya terdapat pesan
atau amanat dari penulisnya. Lagu mengandung pesan moral dan amanat. Penulis
lagu mengungkapkan pesan atau amanat di dalamnya secara eksplisit dan implisit.
Penelitian ini memandang nilai-nilai penting pada lirik lagu nasional dapat
diungkap melalui kajian wacana kritis. Analisis wacana kritis memandang
permasalahan tentang lirik lagu nasional sebagai kajian yang patut untuk dikritisi.
Analisis wacana kritis memandang lagu nasional diciptakan karena ada hal
penting yang ingin disampaikan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Objek yang
diteliti berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengungkapkan nilai karakter
lirik lagu nasional. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi.
Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah disebutkan, dapat
disimpulkan sebagai berikut. Macam-macam nilai karakter dalam lirik lagu
nasional Indonesia antara lain: 1) karakter religius, 2) karakter semangat
kebangsaan, 3) karakter cinta tanah air, 4) karakter peduli sosial 5) karakter peduli
lingkungan. Analisis wacana kritis yang ditemukan dalam lirik lagu nasional
digunakan untuk mengetahui nilai-nilai karakter di dalamnya berdasarkan teks,
kognisi sosial, dan konteks sosial. Pemanfaatan nilai-nilai pendidikan karakter
dalam lirik lagu nasional sebagai alternatif pembelajaran membaca kritis untuk
mencapai kompetensi dasar 4.8 Mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian
dan bentuk teks tanggapan secara lisan dan/tulisan dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaan.
Saran yang dapat diberikan yaitu bagi guru mata pelajaran bahasa
Indonesia sekolah menengah pertama, hasil penelitian ini dapat bermanfaat
sebagai alternatif pembelajaran mengenai teks tanggapan. Lirik lagu nasional
dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran inovasi agar siswa tertarik dalam
mencari kritik, sanggahan atau pujian pada teks yang telah disediakan. Bagi guruguru di sekolah lirik lagu nasional yang diperdengarkan oleh siswa dapat
digunakan sebagai implementasi pendidikan karakter di sekolah. Upaya
pembentukkan karakter dapat dilakukan dengan berbagai macam cara salah
satunya yaitu melalui lirik lagu nasional. Bagi mahasiswa Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi matakuliah analisis wacana kritis. Selain itu, penelitian ini juga
dapat digunakan sebagai referensi pada matakuliah analisis wacana. Bagi peneliti
selanjutnya, diharapkan dapat meneliti tentang nilai-nilai karakter yang terdapat
dalam lirik lagu selain lirik lagu nasional. | en_US |