Pengaruhkualitas Layanan,Harga,Dan Servicescape Terhadap Minat Beli Ulang Pada Restoran Mie Gacoan DI Kabupaten Jember the Effect of Service Quality, Price, and Servicescape on Repurchase Intention in Gacoan Noodle Restaurant in Jember Regency
Abstract
Era digitalisasi turut berdampak pada perluasan makna kuliner. Data dari
Parama Indonesia, Lembaga yang membantu perusahaan start-up berkembang,
menyatakan sektor kuliner Indonesia tumbuh rata-rata tujuh hingga empat belas
persen per tahun dalam lima tahun terakhir. Kabupaten Jember menjadi salah satu
kabupaten yang mengalami pertumbuhan bisnis kuliner dalam beberapa tahun
terakhir. Nongkrong di kafe maupun restoran mungkin telah menjadi bagian dari
gaya hidup sebagian masyarakat di Jember khususnya bagi generasi muda baik
dari kalangan pelajar dan mahasiswa, mengunjungi kafe dan restoran hampir
menjadi kebiasaan yang entah kapan hal ini bermula.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah meneliti pengaruh dari kualitas
layanan, harga dan servicescape terhadap minat beli ulang pada restoran Mie
Gacoan di Kabupaten Jember. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah
semua konsumen restoran Mie Gacoan di Kabupaten Jember yang jumlahnya
tidak terbatas, sedangkan sampel yang digunakan sejumlah 100 responden dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dan teknik
penentuan sampel yang digunakan adalah sampel kuota dengan ciri pelanggan
yang pernah berkunjung ke Restoran Mie Gacoan Jember minimal 1 (satu) kali
dalam tiga bulan terakhir dan menikmati makanan di tempat (dine in). Penelitian
ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk mengolah data
hasil jawaban responden. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa variabel
kualitas layanan dan servicescape tidak berpengaruh signifikan terhadap minat
beli ulang pada restoran Mie Gacoan di Kabupaten Jember. Sedangkan variabel
harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang pada restoran
Mie Gacoan di Kabupaten Jember.