Pengaruh Consumer Participation Terhadap Brand Loyalty Pada Produk the Body Shop Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating the Effect of Consumer Participation on Brand Loyalty in the Body Shop Product With Corporate Social Responsibility as a Moderating Variable
Abstract
Industri pada bidang kosmetik semakin hari semakin meningkat
dikarenakan peminatnya yang datang dari berbagai kalangan. Dengan maraknya
produk kosmetik dipasaran, maka persaingan di industri kosmetik sangatlah ketat.
Untuk menghadapi persaingan tersebut, perusahaan harus merencanakan strategi
pemasaran yang lebih mengarah ke konsumen. Perusahaan harus menyadari
betapa pentingnya peranan konsumen dalam bisnis yang dijalankan, serta
perusahaan perlu memikirkan cara untuk menarik hati konsumen dapat loyal pada
produk yang di pasarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
dari consumer participation terhadap brand loyalty pada produk The Body Shop
dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderating. Objek
penelitian yaitu perusahaan kosmetik The Body Shop. Pendekatan riset yang
digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research. Teknik sampling pada
penelitian ini adalah teknik non-probability sampling dan metode pengambilan
sampel dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner online berupa link google docs. Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan produk
The Body Shop, dengan jumlah responden sebanyak 120 responden. Metode
analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Moderating (MRA), dengan
variabel bebas yaitu Consumer Participation (X), variabel terikat yaitu Brand
Loyalty (Y) dan variabel moderating yaitu Corporate Social Responsibility (Z).
Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu data primer.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Consumer Participation
berpengaruh signifikan terhadap Brand Loyalty. Sedangkan Corporate Social
Responsibility memperkuat namun tidak memberikan efek yang signifikan dalam
memoderasi pengaruh Consumer Participation terhadap Brand Loyalty.