Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Willingness to Pay Melalui Brand Love Pada Konsumen Smartphone iPhone Di Kota Jember
Abstract
Penduduk Indonesia sekarang telah memasuki kategori masyarakat global, karena telah mengalami beberapa perubahan yang pesat dengan semakin majunya dunia teknologi informasi dan komunikasi. sehingga munculah sebuah fenomena yang ditandai dengan tingginya permintaan didalam dunia elektronik terutama smartphone di Indonesia, iPhone telah dipercaya oleh banyak konsumen karena mereka memproduksi smartphone berkualitas sangat baik yang dapat dibuktikan pada produk iPhone selalu masuk Top 5 ranking smartphone pangsa pasar skala Internasional. Meskipun harga yang dipasarkan dari pihak perusahaan tinggi, namun perusahaan Apple ini memiliki segmen tertentu sehingga masih kuat dalam persaingan pasar oleh brand terkenal lainnya.
Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh kualitas produk terhadap willingness to pay melalui brand love pada konsumen smartphone merek iPhone. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel dalam penelitian ini yaitu pembeli smartphone iPhone. Konsumen yang telah lama atau dianggap mengetahui, memahami dan menggunakan smartphone iPhone iOs 13 minimal 1 bulan. Dan konsumen yang menggunakan memori internal minimal 32GB. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder.
Metode penelitian ini yaitu analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan aplikasi AMOS versi 23. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Brand Love. 2) Brand Love berpengaruh signifikan terhadap Willingness to Pay (WTP). 3) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Willingness to Pay (WTP)