Marketing Mix di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Balung Jember Tahun 2015-2017
Abstract
Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan
pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan
rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Rumah sakit berfungsi sebagai upaya
kesehatan baik secara promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.
Perkembangan Rumah Sakit awalnya hanya memberikan pelayanan yang bersifat
penyembuhan (kuratif) kepada pasien melalui rawat inap. Setiap rumah sakit
berusaha
untuk
meningkatkan
kualitasnya
agar
masyarakat
dapat
memanfaatkannya dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan strategi dalam
meningkatkan kualitas dan mutu layanan rumah sakit.Pemasaran merupakan
strategi terpenting yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kualitas dan mutu
layanan dari rumah sakit. Pemasaran harus memperhatikan antara kebutuhan,
keinginan dan permintaan pelanggan agar pemasaran tercapai. Tujuan pemasaran
adalah untuk menciptakan nilai bagi pelanggan maupun produsen/rumah sakit pada
saat terjadi transaksi Strategi pemasaran yang tepat untuk rumah sakit dengan
marketing mix. Rumah sakit yang mampu mengembangkan marketing mix yang
baik, dapat menarik konsumen untuk menggunakan layanan rawat inap di rumah
sakit. Tinggi rendahnya pemanfaatan rawat inap dapat diketahui dari Bed
Occupancy Rate (BOR) atau pemakaian tempat persatuan waktu tertentu.
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2227]