Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan deret Aritmatika Kelas VIII SMPN 11 Jember Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Jung
Abstract
Matematika merupakan suatu bidang ilmu yang universal dan memiliki
karakteristik salah satunya adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak. Sifat
inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesalahan dalam
menyelesaikan soal matematika. Kesalahan tersebut dapat disebabkan oleh
beberapa faktor, salah satunya faktor kepribadian menurut Jung. Oleh karena itu
perlu dilakukan penelitian tentang analisis kesalahan siswa secara mendetail
dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika berdasarkan analisis
kesalahan Newman ditinjau dari tipe kepribadian menurut Jung agar pendidik
mampu mengenali kemampuan yang dimiliki siswanya serta jenis kesalahan yang
dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret aritmatika
beserta penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan
siswa Extrovert, dan Introvert kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal barisan
dan deret aritmatika berdasarkan teori Newman.
Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari 2020 di SMPN 11 Jember
di kelas VIII F dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari angket MBTI, soal barisan dan deret aritmatika, pedoman
wawancara, dan lembar validasi. Pemilihan siswa dari kelas VIII F sebagai subjek
penelitian dikarenakan siswa pada kelas ini lebih kondusif dibanding kelas lain.
Setelah dilakukan pengumpulan data dengan memberikan angket MBTI dan tes
soal materi barisan dan deret aritmatika, selanjutnya dilakukan wawancara untuk
memperoleh informasi yang lebih mendalam terkait kesalahan yang dilakukan
siswa dalam menyelesaikan soal tes. Pemilihan subjek wawancara sebanyak 7
siswa, yang terdiri dari 4 siswa dengan tipe kepribadian extrovert dan 3 siswa
dengan tipe kepribadian introvert berdasarkan kesalahan terbanyak dari tiap
kategori kepribadian extrovert dan introvert dan dapat dianalisis kesalahannya.