Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar Telkomsel (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember)
Abstract
Perkembangan bisnis jasa diwarnai oleh munculnya berbagai peusahaan jasa
yang bisa memenuhi segala keinginan dan kebutuhan para konsumen, salah
satunya adalah jasa layanan telekomunikasi. Jasa layanan telekomunikasi di
Indonesia adalah PT. Telkomsel. Telkomsel untuk memenuhi kepuasan konsumen
menyediakan berbagai macam promosi untuk mengenalkan produk-produk
andalannya dan memberikan kualitas layanan yang memadai sepertinya tersedinya
jaringan hingga ke pelosok dan meningkatkan jaringan 4G untuk para pengguna
internet sehingga para pengguna bisa mengakses media sosial dan internet dengan
kecepatan maximal. PT. Telkomsel memiliki 30.485 dan 189.081 BTS (Base
Transceiver Station). Faktor kepuasan konsumen sendiri salah satunya bisa diukur
melalui promosi dan kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan, sehingga
peneliti ingin menguji apakah promosi dan kualitas layanan berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen.
Tujuan Penelitian yaitu menguji pengaruh promosi, kualitas layanan dan
kepuasan konsumen menggunakan pendeketan kuantitatif dengan rancangan
korelasi asosiatif untuk mengetahui hubungan sebab akibat promosi, kualitas
layanan dan kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh
mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas jember yang
menggunakan kartu prabayar telkomsel dan jumlah sampel dalam penelitian ini
130 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian dan analisis regresi linier
berganda menunujukkan bahwa: (a.) Hasil penelitian menunujukan Promosi
berepengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, (b) Hasil penelitian
Kualitas layanan berepengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen dan (c) Hasil penelitian Promosi dan Kualitas layanan secara simultan
berepengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Hasil uji koofisien determinasi R2 pada penelitian ini diperoleh nilai
koefisien determinasi R2 sebesar 0,442 yang berarti bahwa besarnya pengaruh
promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsuumen adalah sebesar
44,2% sedangkan sisanya sebesar 55,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
digunakan dalam penelitian ini.