Analisis Potensi Penerimaan Pajak Reklame Sebagai Pendapatan Asli Daerah Kabupate n Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar potensi 
penerimaan pajak reklame di Kabupaten Banyuwangi. Berkaitan dengan otonomi 
daerah pemerintah pusat memberi kewenangan kepada daerah untuk memungut pajak
dan retribusi daerah berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah 
satunya Kabupaten Banyuwangi sebagai daerah otonom. Untuk merespon hal ini
pemerintah Kabupaten Banyuwangi mengupayakan sumber-sumber pembiayaan 
untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penggalian sumber-sumber
potensial dan perlu kreasi serta inovasi secara intensif oleh aparatur pemerintah
kabupaten Banyuwangi. Seperti yang tercantum dalam Undang–undang Nomor 34 
Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah. 
Undang-undang ini merupakan pembaharuan dari undang-undang nomor 25 tahun 
1999 tentang perimbangan keuangan pemerintah pusat dan daerah.  
Namun menurut pendapat (Mardiasmo 2000 : 3) yang menyatakan bahwa di 
sisi penerimaan, kemampuan pemerintah daerah dalam meningkatkan penerimaan
daerahnya secara berkesinambungan masih lemah. Bahkan masalah yang sering 
muncul adalah rendahnya kemampuan pemerintah daerah untuk menghasilkan
prediksi penerimaan daerah yang akurat, sehingga belum dapat dipungut secara 
optimal. Terkait pajak reklame di Kabupaten Banyuwangi yang mendasari penulis
untuk membahasnya yaitu berdasarkan target PAD dan APBD kabupaten Banyuwangi 
sebagai bagian dari daerah otonom untuk menyelenggarakan pemerintahan sendiri
dan menggali potensi daerah sesuai sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia 
menurut undang- undang nomor 32 tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah. 
Salah satu poin pendapatan dari pajak daerah yang ingin dikaji penulis adalah
sektor penerimaan pendapatan pajak reklame yang diharapkan mampu meningkatkan 
pendapatan daerah kabupaten Banyuwangi serta menambah kesejahteraan
masyarakatnya. Tujuan penelitian ini digunakan untuk memecahkan masalah. Adapun
tujuan dimaksudkan agar penelitian mempunyai arah yang jelas dan tegas. Berkaitan 
dengan perumusan masalah di atas maka tujuan penelitian yang hendak dicapai
adalah untuk menganalisis potensi penerimaan pajak daerah (Reklame) di Kabupaten 
Banyuwangi. Serta identifikasi pajak Reklame selama 6 (enam) tahun terakhir yakni dari tahun 2005 hingga tahun 2010.
