Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Berbantuan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Cita-citaku Subtema Hebatnya Cita-citaku di SDN Balunglor 03 Jember
Abstract
Kemampuan siswa berbeda-beda dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, menyebabkan guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode yang sesuai dengan tema maupun model pembelajaran yang menarik agar siswa dapat mencapai tujuam pembelajaran. Guru kelas IV di SDN Balunglor 03 Jember belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan cenderung cepat merasa bosan. Kurangnya media yang digunakan guru pada saat mengajar juga menyebabkan siswa mudah mengantuk. Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH berbantuan audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema cita-citaku subtema hebatnya cita-citaku di SDN Balunglor 03 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Balunglor 03 Jember. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IVA dan IVB yang bejumlah 49 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experimental) menggunakan desain non-equivalent control group design pola pretest posttest control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan berupa beda nilai hasil belajar ranah kognitif sebelum dan sesudah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu menggunakan skor hasil belajar UTS ganjil tahunpelajaran 2019/2020. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan menggunakan perlakuan silang dikarenakan kondisi kedua kelas yang tidak homogen. Kondisi kedua kelas sebelum diberi perlakuan adalah tidak homogen dikarenakan ragamnya berbeda. Kedua kelas tersebut sama-sama diberikan perlakuan eksperimen maupun kontrol. Skor hasil belajar kelas eksperimen diperoleh dari gabungan skor hasil belajar kedua kelas setelah diberi perlakuan eksperimen. Skor hasil belajar kelas kontrol diperoleh dari gabungan skor hasil belajar kedua kelas setelah diberi perlakuan kontrol.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan penghitungan uji-t pada taraf signifikansi 5%, dengan data yang dianalisis adalah nilai hasil belajar kognitif (pretest dan posttest). Penghitungan pada uji-t menunjukkan nilai thitung sebesar 4,888 dan selanjutnya nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel, db = 96 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh ttabel sebesar 1,985. Jadi, hasil analisis tersebut menujukkan bahwa thitung > ttabel (4,888 > 1,985), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, juga dilakukan penghitungan terhadap uji keefektifan relatif (ER), diperoleh ER sebesar 66,3% dengan kategori keefektifan tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan audio visual terhadap hasil belajar tema cita-citaku subtema hebatnya cita-citaku di SDN Balunglor 03 Jember.
Penelitian ini menjadi masukan dalam rangka memperbaiki kualitas dan mutu pembelajaran di sekolah. Model pembelajaran CRH dapat menjadi bahan evaluasi sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru pada saat pembelajaran agar pembelajaran lebih bervariasi, kreatif, dan menyenangkan. Temuan-temuan baru dari penelitian ini dapat menambah wawasan dan memberikan masukan untuk penelitian selanjutnya. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga diharapkan hasil penelitian selanjutnya dapat memberikan hasil yang lebih baik.