Etnomatematika Pada Aktivitas Pembuatan Gerabah DI Desa Kesilir Wuluhan Jember Sebagai Lembar Kerja Siswa
Abstract
Etnomatematika adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok budaya
dimana tanpa mereka sadari terdapat penerapan atau konsep matematika di
dalamnya. Adanya pembelajaran matematika yang berbasis budaya diharapkan
dapat mempermudah siswa untuk mempelajari konsep-konsep matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali etnomatematika pada aktivitas
pembuatan gerabah dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa
(LKS). Penelitian ini dilakukan di Desa Kesilir Wuluhan Jember terhadap
masyarakat yang berprofesi sebagai pengrajin gerabah.
Terdapat beberapa etnomatematika pada aktivitas pembuatan gerabah oleh
pengrajin yakni aktivitas menghitung, aktivitas mengukur, dan aktivitas
mendesain. Etnomatematika pada aktivitas menghitung muncul di beberapa
kegiatan saat proses pembuatan gerabah. Ketika pengrajin gerabah melakukan
proses pengolahan bahan. Etnomatematika yang muncul adalah operasi hitung,
perbandingan senilai, dan perbandingan berbalik nilai. Pada proses penjemuran
dan pembakaran gerabah etnomatematika yang muncul yaitu operasi hitung.
Etnomatematika muncul saat proses pembuatan gerabah, dalam aktivitas ini
muncul konsep perbandingan berbalik nilai. Etnomatematika lain yang muncul
saat proses pembuatan gerabah yaitu operasi hitung, dimana pengrajin gerabah
selalu menambahkan 2-3 cm dari ukuran yang telah dipesan oleh pembeli. Pada
proses pembakaran terdapat konsep perbandingan senilai pada jumlah bahan bakar
yang dibutuhkan dan konsep perbandingan berbalik nilai pada jumlah gerabah
yang dapat ditampung oleh tungku pembakaran.