Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Willingness to Pay Melalui Brand Love Pada Konsumen Smartphone Iphone DI Kota Jember
Abstract
Penduduk Indonesia sekarang telah memasuki kategori masyarakat global,
karena telah mengalami beberapa perubahan yang pesat dengan semakin majunya
dunia teknologi informasi dan komunikasi. Pada saat penemuan dunia teknologi
informasi mulai berkembang dalam melibatkan banyak konsumen, maka dapat
diartikan teknologi ini telah merubah pola pikir masyarakat lokal menjadi
masyarakat global, sehingga munculah sebuah fenomena yang ditandai dengan
tingginya permintaan didalam dunia elektronik terutama smartphone di Indonesia,
karena smartphone merupakan perangkat yang dapat memudahkan masyarakat
luas untuk mengakses beberapa kebutuhan teknologi informasi dan komunikasi
tersebut. Dengan kata lain, smartphone dapat dianalogikan sebagai telepon
genggam pintar yang memiliki banyak fungsi dan para penggunanya dapat
menggunakannya kapanpun dan dimanapun.
Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh kualitas produk terhadap
willingness to pay melalui brand love pada konsumen smartphone merek iPhone.
Alasan mengambil produk smartphone iPhone karena merupakan produsen yang
sering menampilkan kecanggihan dan keunikan dalam merek Apple tersebut.
Pilihan merek Apple ini menampilkan ciri khas tersendiri dari segi design, sistem
operasi yang efisien, dan harga yang mengimbangi kecanggihan pada produk
iPhone, dan menimbulkan keikhlasan untuk membayar lebih mahal atau disebut
WTP (Willingness to Pay) dalam membeli produk tersebut. Respon konsumen
terhadap harga yang berbeda yang ditawarkan di pasar menunjukkan konsumen
bersedia membayar harga lebih. Zhao dan Kling (2005) menyatakan bahwa WTP
adalah harga maksimum dari suatu barang yang ingin dibeli oleh konsumen pada
waktu tertentu.