Show simple item record

dc.contributor.authorAyu Retno Wulandari
dc.date.accessioned2013-12-18T08:18:34Z
dc.date.available2013-12-18T08:18:34Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM070910291055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10166
dc.description.abstractDalam pelayanan umum (publik) warganegara mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pelayanan yang berkualitas. Pelayanan yang selama ini terkesan lambat dan berbelit- belit harus diubah menjadi pelayanan yang lebih mudah untuk diperoleh masyarakat, mengingat keberadaan masyarakat saat ini sangat modern dengan berpendidkan tinggi, struktur sosial dan lingkungan yang kompleks, serta mobilitas yang sangat tinggi. Idealnya, kondisi tersebut harus diikuti dengan perkembangan kinerja birokrasi yang berkualitas yang berkaitan dengan pemenuhan kewajiban oleh Negara maupun daerah. Terdapat beberapa jenis pelayanan salah satunya adalah Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kabupaten Jember. Pengujian Kendaraan Bermotor adalah serangkaian kegiatan menguji yang memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan khusus dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan laik jalan. Selanjutnya yang dimaksud dengan Penguji Kendaraan Bermotor adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan tugas pengujian kendaraan bermotor. Memiliki Sertifikat Kompetensi dan Tanda Kualifikasi Teknis Penguji Kendaraan Bermotor. Adapun tujuan penyelenggaraan pelayanan pengujian kendaraan bermotor (PKB) bertujuan untuk memberikan kepastian bahwa kendaraan bermotor yang dioperasikan dijalan telah memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan serta tidak mencemari lingkungan, agar dapat terciptanya transportasi darat yang sesuai vii dengan kelayakan untuk berada dijalan dan juga agar pelanggan transportasi darat merasa aman, nyaman, cepat/ lancar, dan tertib/ teratur agar mereka lebih percaya pada sarana transportasi yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kabupaten Jember. Menurut Zeithmal,dkk penilaian kualitas pelayanan (ServQual) publik terdiri dari: dimensi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty). Nilai kualitas pelayanan diperoleh dari nilai persepsi pelanggan dikurangi dengan nilai harapan. Penelitian ini dilakukan di UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember di Jln. Brawijaya No. 61 Jember. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan sejak tanggal 1 juli – 1 September 2012. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif, responden dalam penelitian ini adalah pemohon yang sudah melakukan pengujian kendaraan bermotor di UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Jember. Penentuan sampel, dilakukan dengan sampling insidental. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember menunjukan nilai servQual -2,8 yang dapat dikategorikan dalam kualitas pelayanan yang tidak baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910291055;;
dc.subjectkualitas pelayanan, pengujian kendaraan bermotoren_US
dc.titleAnalisa Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record