Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Earning Management Pada Emiten Industri Barang Konsumsi DI BEI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari faktor-faktor dalam teori fraud diamond terhadap earning management pada emiten sektor industri barang konsumsi. Faktor-faktor tersebut terdiri dari pressure (financial stability, leverage, personal financial need, financial target), opportunity (nature of industry, ineffective monitoring), rationalization, capability. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah 80 data keuangan dari 20 emiten yang terpilih selama periode 2015-2018 dengan berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic descriptive, uji kualitas data,uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis yang terdiri dari metode analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage dan financial target berpengaruh terhadap earning management, sedangkan financial stability, personal financial need, nature of industry, ineffective monitoring, rationalization, capability tidak berpengaruh terhadap adanya earning management.