Pengaruh Variabel Experiential Marketing Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Dira Park Kencong DI Kecamatan Kencong Kabupaten Jember
Abstract
Seiring dengan berkembangnya zaman pada era globalisasi saat ini
menjadikan kebutuhan manusia semakin meningkat dan lebih beragam, terdapat
beberapa tingkatan atau intensitas dari kebutuhan manusia yaitu kebutuhan
primer, kebutuhan sekunder, serta kebutuhan tersier. Pada tingkat kebutuhan ini
dapat memberikan peluang besar bagi pelaku bisnis untuk membangun dan
mendirikan suatu usaha bisnis yang bergerak dalam sektor wisata. Di Indonesia
pada saat ini banyak sekali para pelaku bisnis melirik bisnis wisata kolam
pemandian dimana pada saat ini lebih dikenal dengan sebutan waterpark atau
waterboom termasuk di Kabupaten Jember. Salah satunya yaitu wisata Dira Park
Jember yang menyediakan ragam wahana dan atraksi wisata di satu lokasi. Barubaru ini Dira Park Kencong banyak diperbincangkan dikalangan masyarakat
Jember, banyaknya wahana wisata yang relatif baru dan sangat instagramable
yaitu Dira Funtastic Night yang didalamnya terdapat bangunan miniatur bergaya
kota Eropa, Lampion, Rumah Terbalik, dan Kolam ikan yang relatif baru dan beda
dengan cabang Dira Park yang lain.
Persaingan ketat dalam bisnis pariwisata menuntut para pengelolanya
termasuk Dira Park Jember untuk merancang dan menerapkan sebuah strategi
pemasaran yang efektif guna mempertahankan eksistensinya dalam jangka
panjang. Menciptakan sebuah pengalaman yang menarik dan memukau dibenak
para wisasatawan yang berujung terhadap meningkatnya minat berkunjung
kembali wisatawan tentu merupakan strategi yang paling efektif untuk diterapkan
saat ini. Banyak hal yang dapat mempengaruhi minat berkunjung kembali para
wisatawan terhadap sebuah destinasi wisata, salah satunya adalah salah satunya
yaitu menciptakan sebuah experiential marketing yang baik dan unik.