EKSPLORASI ASPEK KEBAHASAAN DAN NONKEBAHASAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN BERITA PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN PLUS SUKOWONO
Abstract
Proses pembelajaran ekplorasi mencapai standar ketuntasan yang ditentukan
pada siklus ke-2. Pada siklus ke-2, keberhasilan didukung oleh kinerja guru dengan
memberikan motivasi berupa hadiah kepada siswa dengan penampilan terbaik,
memberikan tambahan media yang bervariasi dari sebelumnya serta menghadirkan
model yang dapat diamati siswa secara langsung untuk meningkatkan keterampilan
membacakan berita dari segi aspek kebahasaan, yang pada siklus sebelumnya (siklus
ke-1) masih kurang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hingga
mencapai nilai KKM (75). Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata prasiklus
68,59 menjadi 76,35 pada siklus ke-2. Antusiasme siswa pun meningkat karena
suasana belajar yang menyenangkan dengan media pembelajaran yang berdesain
menarik (pemutaran tayangan video pembacaan berita) serta model yang dihadirkan
dalam pembelajaran ini. Berdasarkan perbaikan-perbaikan yang dilakukan, penilaian
aktivitas guru juga meningkat dari 1,9 pada siklus ke-1 menjadi 2,84 pada siklus ke-2
Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini ialah proses penerapan
pembelajaran eksplorasi yang diterapkan dengan memberikan kebebasan kepada
siswa untuk mengamati dan menemukan sesuatu, serta memberikan media dan
model yang bervariasi yang dapat diamati langsung oleh siswa, dapat meningkatkan
keterampilan membacakan berita pada siswa, baik dari aspek kebahasaan maupun
nonkebahasaan. Dari pelaksanaan PTK ini, dapat disarankan pada peneliti lain dan
guru bahasa Indonesia. Bagi mereka yang ingin meneliti dengan menerapkan model
eksplorasi dalam pembelajaran, komponen bidang yang akan dieksplorasi perlu
diperhatikan.