• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EKSPLORASI ASPEK KEBAHASAAN DAN NONKEBAHASAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN BERITA PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN PLUS SUKOWONO

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (869.2Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Dwi Aditya Krisna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran ekplorasi mencapai standar ketuntasan yang ditentukan pada siklus ke-2. Pada siklus ke-2, keberhasilan didukung oleh kinerja guru dengan memberikan motivasi berupa hadiah kepada siswa dengan penampilan terbaik, memberikan tambahan media yang bervariasi dari sebelumnya serta menghadirkan model yang dapat diamati siswa secara langsung untuk meningkatkan keterampilan membacakan berita dari segi aspek kebahasaan, yang pada siklus sebelumnya (siklus ke-1) masih kurang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hingga mencapai nilai KKM (75). Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata prasiklus 68,59 menjadi 76,35 pada siklus ke-2. Antusiasme siswa pun meningkat karena suasana belajar yang menyenangkan dengan media pembelajaran yang berdesain menarik (pemutaran tayangan video pembacaan berita) serta model yang dihadirkan dalam pembelajaran ini. Berdasarkan perbaikan-perbaikan yang dilakukan, penilaian aktivitas guru juga meningkat dari 1,9 pada siklus ke-1 menjadi 2,84 pada siklus ke-2 Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini ialah proses penerapan pembelajaran eksplorasi yang diterapkan dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengamati dan menemukan sesuatu, serta memberikan media dan model yang bervariasi yang dapat diamati langsung oleh siswa, dapat meningkatkan keterampilan membacakan berita pada siswa, baik dari aspek kebahasaan maupun nonkebahasaan. Dari pelaksanaan PTK ini, dapat disarankan pada peneliti lain dan guru bahasa Indonesia. Bagi mereka yang ingin meneliti dengan menerapkan model eksplorasi dalam pembelajaran, komponen bidang yang akan dieksplorasi perlu diperhatikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10155
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository