dc.description.abstract | Fisika merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari alam
beserta gejala yang terjadi dari yang bersifat abstrak hingga yang bersifat tidak abstrak,
sehingga dalam mempelajarinya membutuhkan imajinasi. Pembelajaran fisika perlu
didukung dengan bahan ajar atau sumber belajar yang memadai agar dapat
memperbaiki sistem pembelajaran fisika. Seiring dengan berkembangnya teknologi
dan ilmu pengetahuan, sumber belajar dapat memanfaatkan sumber belajar lain agar
dapat meningkatkan interaksi dan membuat umpan baik dengan siswa. Penggunaan
modul berbasis Information and Communication Technologies (ICT) memungkinkan
untuk menghasilkan multimedia yang interaktif dalam pembelajaran fisika dan bisa
memudahkan juga memotivasi siswa dalam belajar untuk mempelajari konsep fisika.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengkaji pengaruh modul berbasis ICT terhadap
keterampilan proses sains siswa SMA pada materi fluida dinamis, (2) mengkaji
pengaruh modul berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi fluida
dinamis, (3) mengetahui respon siswa SMA terhadap modul berbasis ICT pada materi
fluida dinamis.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan penentuan tempat
penelitian menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan
di SMA Negeri Candipuro, Kabupaten Lumajang. Sampel penelitian ditentukan
setelah dilakukannya uji homogenitas terhadap populasi dan menggunakan metode
cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian post-test only
control group design dengan metode pengumpulan data observasi, tes, dokumentasi,
dan angket. Metode analisis data untuk menguji hipotesis penelitian 1 dan 2 yang
digunakan adalah Independent Sample T-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 23.
Populasi pada penelitian ini yaitu semua kelas XI MIPA di SMA Negeri Candipuro.
Subjek penelitian yang digunakan untuk kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 3 dengan 33 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 2 dengan 34 siswa. Penelitian
ini menggunakan materi fluida dinamis dengan pokok bahasan fluida ideal, asas
kontinuitas, asas Bernoulli dan penerapan asas kontinuitas dan asas Bernoulli.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui uji Independent Sample
T-Test pada keterampilan proses sains dihasilkan nilai Sig. sebesar 0,399. Nilai
signifikansi tersebut lebih besar dari 0,05 menunjukkan varian data homogen.
Berdasarkan hasil data di SPSS 23 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.
Pengujian hipotesis yang digunakan saat ini adalah pengujian hipotesis 2 pihak,
sehingga nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang berarti ≤ 0,05 maka Haditerima dan
H0 ditolak. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses
sains kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yang dibuktikan dengan nilai ratarata keterampilan proses sains yang dimiliki siswa pada kelas eksperimen 77,42% yang
lebih besar dari kelas kontrol 67,94%. Sedangkan hasil uji Independent Sample T-Test
pada hasil belajar siswa diperoleh nilai Sig. 0,108. Nilai signifikansi lebih besar dari
0,05 yang menunjukkan varian data homogen. Berdasarkan hasil pada SPSS 23
diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Pengujian hipotesis yang digunakan saat
ini adalah pengujian hipotesis 2 pihak, sehingga nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang
berarti ≤ 0,05 maka Haditerima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan
signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol
dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kelas eksperimen 78,49 yang
lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata 72,54.
Hasil data dari respon siswa yang pengambilan datanya dilakukan dengan
penyebaran angket pada kelas eksperimen yang merupakan kelas pengguna modul
fluida dinamis berbasis ICT pada penelitian ini, sebanyak 75,4% siswa atau dapat
diartikan respon siswa terhadap modul fluida dinamis berbasis ICT sangat baik.
Berdasarkan dari analisis data yang telah diperoleh, kesimpulan dari penelitian
ini adalah: (1) modul fluida dinamis berbasis ICT berpengaruh signifikan terhadap
keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri Candipuro,
(2) modul fluida dinamis berbasis ICT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri Candipuro, dan (3) respon siswa
terhadap modul fluida dinamis berbasis ICT dikategorikan sangat baik. | en_US |