Show simple item record

dc.contributor.advisorSUBIKI
dc.contributor.advisorMARYANI
dc.contributor.authorSALSABILA, Rizha Yulinda
dc.date.accessioned2020-11-02T03:13:15Z
dc.date.available2020-11-02T03:13:15Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101502
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari alam beserta gejala yang terjadi dari yang bersifat abstrak hingga yang bersifat tidak abstrak, sehingga dalam mempelajarinya membutuhkan imajinasi. Pembelajaran fisika perlu didukung dengan bahan ajar atau sumber belajar yang memadai agar dapat memperbaiki sistem pembelajaran fisika. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, sumber belajar dapat memanfaatkan sumber belajar lain agar dapat meningkatkan interaksi dan membuat umpan baik dengan siswa. Penggunaan modul berbasis Information and Communication Technologies (ICT) memungkinkan untuk menghasilkan multimedia yang interaktif dalam pembelajaran fisika dan bisa memudahkan juga memotivasi siswa dalam belajar untuk mempelajari konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengkaji pengaruh modul berbasis ICT terhadap keterampilan proses sains siswa SMA pada materi fluida dinamis, (2) mengkaji pengaruh modul berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi fluida dinamis, (3) mengetahui respon siswa SMA terhadap modul berbasis ICT pada materi fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Candipuro, Kabupaten Lumajang. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukannya uji homogenitas terhadap populasi dan menggunakan metode cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian post-test only control group design dengan metode pengumpulan data observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Metode analisis data untuk menguji hipotesis penelitian 1 dan 2 yang digunakan adalah Independent Sample T-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 23. Populasi pada penelitian ini yaitu semua kelas XI MIPA di SMA Negeri Candipuro. Subjek penelitian yang digunakan untuk kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 3 dengan 33 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 2 dengan 34 siswa. Penelitian ini menggunakan materi fluida dinamis dengan pokok bahasan fluida ideal, asas kontinuitas, asas Bernoulli dan penerapan asas kontinuitas dan asas Bernoulli. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui uji Independent Sample T-Test pada keterampilan proses sains dihasilkan nilai Sig. sebesar 0,399. Nilai signifikansi tersebut lebih besar dari 0,05 menunjukkan varian data homogen. Berdasarkan hasil data di SPSS 23 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Pengujian hipotesis yang digunakan saat ini adalah pengujian hipotesis 2 pihak, sehingga nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang berarti ≤ 0,05 maka Haditerima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yang dibuktikan dengan nilai ratarata keterampilan proses sains yang dimiliki siswa pada kelas eksperimen 77,42% yang lebih besar dari kelas kontrol 67,94%. Sedangkan hasil uji Independent Sample T-Test pada hasil belajar siswa diperoleh nilai Sig. 0,108. Nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yang menunjukkan varian data homogen. Berdasarkan hasil pada SPSS 23 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Pengujian hipotesis yang digunakan saat ini adalah pengujian hipotesis 2 pihak, sehingga nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang berarti ≤ 0,05 maka Haditerima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kelas eksperimen 78,49 yang lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata 72,54. Hasil data dari respon siswa yang pengambilan datanya dilakukan dengan penyebaran angket pada kelas eksperimen yang merupakan kelas pengguna modul fluida dinamis berbasis ICT pada penelitian ini, sebanyak 75,4% siswa atau dapat diartikan respon siswa terhadap modul fluida dinamis berbasis ICT sangat baik. Berdasarkan dari analisis data yang telah diperoleh, kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) modul fluida dinamis berbasis ICT berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri Candipuro, (2) modul fluida dinamis berbasis ICT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri Candipuro, dan (3) respon siswa terhadap modul fluida dinamis berbasis ICT dikategorikan sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries160210102056;
dc.subjectFluida Dinamisen_US
dc.subjectICTen_US
dc.subjectKETERAMPILANen_US
dc.subjectSAINSen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePengaruh Modul Fluida Dinamis Berbasis Information and Communication Technologies (ICT) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.validatorTaufik, 14 September 2023


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record