PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN RAMBIGUNDAM 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Kegiatan  pembelajaran  di  SDN  Rambigundam  03  Jember  kurang 
meningkatkan  keaktifan  siswa,  terutama  dalam  pembelajaran  IPS  sehingga  aktivitas 
dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran seharí-
hari  guru  lebih  banyak  menjelaskan  secara  lisan,  tertulis  di  papan  tulis,  dan 
pemberian kesempatan bertanya ketika guru mengajar, hanya direspon oleh sebagian 
kecil siswa. Ketika guru melakukan tanya jawab dengan siswa, hanya ada tiga orang 
siswa  yang  bisa  menjawab  pertanyaan  guru  dengan  benar.  Oleh  karena  itu,  guru 
harus  membantu  siswa  untuk  mengatasi  masalah  tersebut  yaitu  dengan 
menggunakan  model  pembelajaran  yang  bervariasi  dan  sesuai  dengan  materi 
maupun karakteristik siswa. 
Metode  Problem  Based  Learning  adalah  suatu  pendekatan  pengajaran  yang 
menggunakan  masalah  dunia  nyata  sebagai  suatu  konteks  bagi  siswa  untuk  belajar 
tentang  cara  berfikir  kritis  dan  keterampilan  pemecahan  masalah,  serta  untuk 
memperoleh  pengetahuan  dan  konsep  yang  penting  dari  materi  pelajaran.  Media 
gambar  adalah  segala  sesuatu  yang  diwujudkan  secara  visual  ke  dalam  bentuk  2 
dimensi sebagai curahan ataupun pikiran  yang  bermacam-macam. Rumusan  masalah 
pada  penelitian  ini  adalah:  (1)  bagaimanakah  penerapan  metode  Problem  Based 
Learning  dan  media  gambar  dapat  meningkatkan  aktivitas  belajar  siswa  kelas  III 
SDN  Rambigundam  03  Jember  dalam  pembelajaran  IPS?,  (2)  bagaimanakah 
penerapan  metode  Problem  Based  Learning  dan  media  gambar  dapat  meningkatkan 
hasil belajar siswa kelas III SDN Rambigundam 03 Jember dalam pembelajaran IPS?. 
Berdasarkan  rumusan  masalah  tersebut  maka,  tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:  (1) 
untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode Problem Based Learning  dan  media  gambar  siswa  kelas  III  SDN  Rambigundam  03  Jember  dalam 
pembelajaran  IPS,  (2)  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dengan  penerapan 
metode  Problem  Based  Learning  dan  media  gambar  siswa  kelas  III  SDN 
Rambigundam 03 Jember dalam pembelajaran IPS. 
Penelitian  ini  dilaksanakan  di  kelas  III  SDN  Rambigundam  03  Jember  yang 
terdiri  dari  35  siswa.  Siswa  dibagi  menjadi  5  kelompok  yang  heterogen.  Jenis 
penelitiannya  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  sebanyak  2  siklus. 
Desain  penelitian  ini  mengacu  pada  model  Kemmis  &  McTaggart  yang  terdiri  dari 
empat  fase  yaitu:  perencanaan,  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Metode 
pengumpulan  data  melalui  observasi,  wawancara,  tes,  dan  dokumentasi.  
Pengambilan  data  dilakukan  mulai  tanggal  1  Agustus  2011  sampai  dengan  18 
Agustus 2011 dengan  subjek penelitian  siswa kelas kelas III SDN Rambigundam 03 
Jember.  Data  yang  dikumpulkan  berupa  penilaian  aktivitas  dan  tes  individu  siswa. 
Pada  siklus  1,  persentase  aktivitas  belajar  siswa  sebesar  45%  dalam  kategori  cukup 
aktif  sedangkan  pada  siklus  2  sebesar  61,07%  dalam  kategori  aktif.  Persentase  hasil 
belajar siswa pada siklus 1 mencapai 64% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 
62,86%.  Pada  siklus  2,  hasil  belajar  siswa  secara  klasikal  mencapai  70,43%,  dan 
persentase  ketuntasan  klasikal  sebesar  91,43%  sehingga  secara  klasikal  memenuhi 
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Rambigundam 03 Jember.  
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  siswa  mengalami  peningkatan 
aktivitas  dan  hasil  belajar  serta  ketuntasan  hasil  belajar  pada  pokok  bahasan 
lingkungan  alam dan  buatan. Peningkatan persentase aktivitas  siswa dari siklus  1 ke 
siklus  2  sebesar  16,07%,  sedangkan  peningkatan  persentase  hasil  belajar  sebesar 
6,43%  dan  ketuntasannya  sebesar  28,57%.  Oleh  karena  itu  penelitian  di  SDN 
Rambigundam  03  Jember  tuntas.  Maka  berdasakan  hasil  penelitian  disarankan  agar 
guru dapat mencoba metode Problem Based Learning dan media gambar pada materi 
lain  untuk  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  dan  guru  memberikan 
pengalaman  bahwa  penerapan  metode  dan  media  itu  bermanfaat  ketika  proses 
pembelajaran berlangsung.
