• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN RAMBIGUNDAM 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Skripsi_Dian Novitarini_001.pdf (285.1Kb)
    Date
    2013-09-11
    Author
    Dian Novitarini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran di SDN Rambigundam 03 Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran seharí- hari guru lebih banyak menjelaskan secara lisan, tertulis di papan tulis, dan pemberian kesempatan bertanya ketika guru mengajar, hanya direspon oleh sebagian kecil siswa. Ketika guru melakukan tanya jawab dengan siswa, hanya ada tiga orang siswa yang bisa menjawab pertanyaan guru dengan benar. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Metode Problem Based Learning adalah suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang penting dari materi pelajaran. Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual ke dalam bentuk 2 dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang bermacam-macam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode Problem Based Learning dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Rambigundam 03 Jember dalam pembelajaran IPS?, (2) bagaimanakah penerapan metode Problem Based Learning dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Rambigundam 03 Jember dalam pembelajaran IPS?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode Problem Based Learning dan media gambar siswa kelas III SDN Rambigundam 03 Jember dalam pembelajaran IPS, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Problem Based Learning dan media gambar siswa kelas III SDN Rambigundam 03 Jember dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Rambigundam 03 Jember yang terdiri dari 35 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat fase yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 1 Agustus 2011 sampai dengan 18 Agustus 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas kelas III SDN Rambigundam 03 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus 1, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 45% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus 2 sebesar 61,07% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 64% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62,86%. Pada siklus 2, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 70,43%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,43% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Rambigundam 03 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan lingkungan alam dan buatan. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 16,07%, sedangkan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 6,43% dan ketuntasannya sebesar 28,57%. Oleh karena itu penelitian di SDN Rambigundam 03 Jember tuntas. Maka berdasakan hasil penelitian disarankan agar guru dapat mencoba metode Problem Based Learning dan media gambar pada materi lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan guru memberikan pengalaman bahwa penerapan metode dan media itu bermanfaat ketika proses pembelajaran berlangsung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1015
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail