Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Sekar Jagad Blambangan Sebagai Bahan Ajar Siswa
Abstract
Pendidikan dipandang sebagai suatu kebutuhan hidup manusia. Pendidikan
mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan masa sekarang. Dalam
dunia pendidikan, matematika adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan yang
sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bidang ilmu pengetahuan yang lainnya.
Matematika sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya
berkaitan dengan hal-hal ilmiah saja namun hampir pada seluruh aspek kehidupan
manusia tidak terlepas dari matematika. Setiap aspek kegiatan manusia dapat
diuraikan menjadi suatu model pembelajaran matematika. Pembelajaran
matematika sangat perlu adanya suatu pendekatan yang mampu menghubungkan
antara matematika dengan budaya sehari-hari. Untuk itu peran budaya dalam
pendidikan sangat penting, khususnya matematika yang dapat mengaitkan antara
budaya dan matematika disebut etnomatematika. Salah satu budaya yang dimiliki
oleh Indonesia adalah karya seni batik. Batik Sekar Jagad Blambangan merupakan
batik khas daerah Banyuwangi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi
etnomatematika pada Batik Sekar Jagad Blambangan serta mendeskripsikan
bahan ajar siswa terkait dengan etnomatematika pada Batik Sekar Jagad
Blambangan. Penelitian ini dilakukan di rumah batik Godho Batik yang bertempat
di Perum Permata Giri Blok A7 Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi dan
terfokus pada pembuatan isen-isen dan pola/desain batik Sekar Jagad
Blambangan. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik serta pembatik di rumah
batik Godho Batik Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan wawancara.