Pengaruh Variabel Experiential Marketing Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Dira Park Kencong DI Kecamatan Kencong Kabupaten Jember
Abstract
Seiring dengan berkembangnya zaman pada era globalisasi saat ini menjadikan kebutuhan manusia semakin meningkat dan lebih beragam, terdapat beberapa tingkatan atau intensitas dari kebutuhan manusia yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, serta kebutuhan tersier. Pada tingkat kebutuhan ini dapat memberikan peluang besar bagi pelaku bisnis untuk membangun dan mendirikan suatu usaha bisnis yang bergerak dalam sektor wisata. Di Indonesia pada saat ini banyak sekali para pelaku bisnis melirik bisnis wisata kolam pemandian dimana pada saat ini lebih dikenal dengan sebutan waterpark atau waterboom termasuk di Kabupaten Jember. Salah satunya yaitu wisata Dira Park Jember yang menyediakan ragam wahana dan atraksi wisata di satu lokasi. Baru-baru ini Dira Park Kencong banyak diperbincangkan dikalangan masyarakat Jember, banyaknya wahana wisata yang relatif baru dan sangat instagramable yaitu Dira Funtastic Night yang didalamnya terdapat bangunan miniatur bergaya kota Eropa, Lampion, Rumah Terbalik, dan Kolam ikan yang relatif baru dan beda dengan cabang Dira Park yang lain.
Persaingan ketat dalam bisnis pariwisata menuntut para pengelolanya termasuk Dira Park Jember untuk merancang dan menerapkan sebuah strategi pemasaran yang efektif guna mempertahankan eksistensinya dalam jangka panjang. Menciptakan sebuah pengalaman yang menarik dan memukau dibenak para wisasatawan yang berujung terhadap meningkatnya minat berkunjung kembali wisatawan tentu merupakan strategi yang paling efektif untuk diterapkan saat ini. Banyak hal yang dapat mempengaruhi minat berkunjung kembali para wisatawan terhadap sebuah destinasi wisata, salah satunya adalah salah satunya yaitu menciptakan sebuah experiential marketing yang baik dan unik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi Experiential Marketing (Sense, Feel, Think, Act, dan Relate) terhadap minat berkunjung kembali Pada Wisata Dira Park Kencong. Penelitian ini menggunkan sampel sebanyak 125 responden dengan kriteria orang-orang yang pernah mengunjungi Dira Park Kencong. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, sumber ddata primer yang digunakan dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner offline. Metode analisis data yang yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang meneliti tentang tanggapan konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel experiential marketing (Sense, Feel, Think, Act, dan Relate) berpengaruh positif signifikan terhadap minat berkunjung kembali pada pengunjung Dira Park Kencong.