• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Schoology Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Historical Analysis Dengan Menggunakan Model ASSURE

    Thumbnail
    View/Open
    Shohib Furqon Farizi-160210302011.pdf (2.585Mb)
    Date
    2020-04-29
    Author
    Farizi, Shohib Furqon
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan utama dalam pembelajaran sejarah yakni kemampuan Historical Analysis. Permasalahan yang diperoleh dari observasi awal yang dilakukan di tiga sekolah yaitu MAN 1 Probolinggo, MAN 2 Probolinggo, dan MAN 2 Kota Probolinggo antara lain menjelaskan permasalahan pembelajaran sejarah yakni antara lain (1) 88% Implementasi media dalam pembelajaran hanya menggunakan media power point, peta konsep sehingga peserta didik kurang daya tarik dalam pembelajaran; (2) 75% membutuhkan media pembelajaran yang berbasis teknologi dengan menggunakan E-Learning; (3) 81% membutuhkan pembelajaran yang berinovasi menggunakan dengan Handphone, Internet. Hasil analisis karakteristik peserta didik yang dilakukan pada tiga MA Negeri di Probolinggo yaitu MAN 1 Probolinggo, MAN 2 Probolinggo, MAN 2 Kota Probolinggo menunjukkan: hasil angket kemampuan awal dan karakteristik umum yaitu 75% peserta didik hanya dapat mengingat dan menyebutkan 1-3 Kerajaan Maritim di Indonesia dan 25% menjawab tidak mengetahui. Berdasarkan analisis angket gaya belajar yaitu di peroleh gaya belajar visual sebesar 52,33% , gaya belajar audio sebesar 22,33 % dan kinestetik sebesar 25,33%. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya pengembangan media pembelajaran Schoology berbasis Discovery Learning dapat menjadi salah satu referensi untuk memperkaya media pembelajaran dan meningkatkan kemampuan Historical Analysis dengan menggunakan langkah-langkah metode Discovery Learning. Tujuan Penelitian antara lain 1) Menghasilkan produk yang tervalidasi berupa media pembelajaran Schoology berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran sejarah Kelas XI MA menggunakan Model ASSURE. 2) Meningkatkan kemampuan Historical Analysis peserta didik pada mata pelajaran sejarah melalui penggunaan media pembelajaran Schoology berbasis Discovery Learning. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ASSURE. Model ASSURE terdiri atas enam tahapan sebagai berikut: (1) Analyze learner characteristic (2) State performance objective; (3) Select methods, media, and materials; (4) Utilize materials; (5) Requires learner participation dan (6) Evaluate and revize. Hasil dari ahli isi bidang studi mencapai persentase 80% dengan kualifikasi baik, validasi ahli desain pembelajaran mencapai persentase 89% dengan kualifikasi sangat baik dan validasi bahasa mencapai persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik. Keberhasilan Schoology berbasis Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan Historical Analysis peserta didik dapat dilihat dari persentase yang diperoleh dalam uji coba kelompok kecil dan uji coba Lapangan. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh peningkatan kemampuan Historical Analysis peserta didik sebesar 77,117% dengan kualifikasi tinggi dan pada uji coba Lapangan diperoleh peningkatan Historical Analysis sebesar 78,73% dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diambil kesimpulan: (1) Media pembelajaran Schoology berbasis Discovery Learning telah tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah dan (2) Media pembelajaran Schoology berbasis Discovery Learning yang dikembangkan dapat meningkatkan Historical Analysis peserta didik. Adapun saran-saran pemanfaatan Schoology berbasis Discovery Learning adalah sebagai berikut: 1) Pendidik diharapkan mampu menjadi fasilitator yang baik dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan; 2) Pendidik mampu mengkondisikan kelas pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung agar lebih efektif; 3) Pendidik diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang inovatif dengan berbagai bahan ajar, media pembelajaran, dan metode pembelajaran yang lebih bervariasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101452
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository