Show simple item record

dc.contributor.advisorFatahillah, Arif
dc.contributor.advisorPratama, Randi
dc.contributor.authorHidayat, Muhammad Taufik
dc.date.accessioned2020-10-31T18:22:20Z
dc.date.available2020-10-31T18:22:20Z
dc.date.issued2020-05-14
dc.identifier.nim150210101053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101446
dc.description.abstractPengembangan teknologi informasi yang semakin maju membawa perubahan dalam bidang pendidikan. Kemajuan teknologi ini telah memasuki era revolusi industri atau lebih dikenal revolusi industri 4.0 dengan ditandai munculnya istilah internet of things yang memiliki arti bahwa segala sesuatu sudah berbasis digital. Pada revolusi industri 4.0, segala hal menjadi tanpa batas dengan daya komputasi dan data tidak terbatas karena perkembangan internet dan teknologi digital telah mempengaruhi pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin. Teknologi dapat digunakan sebagai sarana untuk mempermudah akses pengetahuan luas secara cepat dan mudah. Hal ini memberikan harapan kepada guru untuk meningkatkan daya minat belajar siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Berdasarkan pemaparan di atas, maka perlu dilakukan penelitian pengembangan media berbasis web online. Penelitian yang dilakukan yaitu berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Schoology Berbantuan Software GeoGebra pada Materi SPLDV”. Proses pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model Thiagarajan atau model 4-D. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Kegiatan pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, efektif dan praktis. Validasi media pembelajaran meliputi beberapa aspek yaitu aspek isi (materi dan soal), kebahasaan, dan format. Kriteria valid dapat dinyatakan dengan nilai koefisien korelasi pengembangan media pembelajaran sebesar 0,91 yang termasuk kategori “Sangat Tinggi”. Setelah media pembelajaran sudah mencapai kevalidan kemudian dilakukan uji coba. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, didapatkan hasil analisis angket respon pengguna media dengan nilai persentase yaitu sebesar 95,3 % termasuk kategori “Sangat Baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81,25% atau 25 dari 31 siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat diperoleh hasil bahwa media pembelajaran berbasis web menggunakan Schoology berbantuan GeoGebra materi sistem persamaan linier dua variabel memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Jurusan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectWeb Schoologyen_US
dc.subjectSoftware GeoGebraen_US
dc.subjectMateri SPLDVen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Schoology Berbantuan Software GeoGebra Pada Materi SPLDVen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record