PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SETEMPAT DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SUKOJEMBER 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
IPS  merupakan  salah  satu  mata  pelajaran  yang  diberikan  di  Sekolah  Dasar 
yang  mengkaji  seperangkat  peristiwa,  fakta,  konsep  dan  generalisasi  yang  berkaitan 
dengan  isu  sosial.  Tujuan  pengajaran  pengetahuan  sosial  di  SD  ditujukan  bagi 
pembinaan  generasi  penerus  usia  dini  agar  memahami  potensi  dan  peran  dirinya 
dalam  berbagai  tata  kehidupannya  dan  berfungsi  mengembangkan  pengetahuan  dan 
keterampilan  dasar  untuk  melihat  kenyataan  sosial  yang  dihadapi  siswa  dalam 
kehidupan  sehari-hari.  Berdasarkan  observasi  pendahuluan  dan  wawancara  dengan 
guru  kelas  V  SDN  Suko Jember 02  Jember,  diketahui bahwa  aktivitas belajar  siswa 
dalam pembelajaran IPS masih rendah. Aktivitas belajar siswa dikatakan kurang aktif 
karena interaksi siswa dengan guru, interaksi siswa dengan siswa, dan interaksi siswa 
dengan sumber belajar masih rendah, sedangkan hasil belajar siswa  dikatakan masih 
rendah karena hasil belajar siswa masih dibawah KKM. 
Aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  dapat  ditingkatkan  jika  digunakan  strategi 
pembelajaran  yang  tepat.  Penerapan  pendekatan  keterampilan  proses  dengan 
memanfaatkan  lingkungan  diterapkan  pada  pembelajaran  IPS  agar  siswa  dapat 
memperoleh  pemahaman  secara  langsung  dalam  proses  belajar  mengajar  sehingga 
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 
   Rumusan  masalah  yang  akan  dibahas  dalam  penelitian  ini  adalah:1) 
bagaimana  penerapan  pendekatan  keterampilan  proses  dengan  menggunakan 
lingkungan  pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember tahun pelajaran 2011-
2012 ?; 2) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V dengan penerapan pendekatan  keterampilan  proses  dengan  menggunakan  lingkungan  setempat  dalam 
pembelajaran  IPS  di  SDN  Suko  Jember  02  Jember  tahun  pelajaran  2011-2012  ?;  3) 
bagaimana  peningkatan  hasil  belajar  siswa  kelas  V  setelah  mengikuti  proses 
pembelajaran  IPS  dengan  diterapkannya  pendekatan  keterampilan  proses  dengan 
menggunakan  lingkungan  setempat di  SDN Suko  Jember 02 Jember  tahun pelajaran 
2011-2012 ?  
Tujuan  yang  ingin  dicapai  dalam  penelitian  ini  adalah:  1)  mendeskripsikan 
penerapan  pendekatan  keterampilan  proses  dengan  menggunakan  lingkungan 
setempat  pada  siswa  kelas  V  SDN  Suko  Jember  02  Jember,  2)  meningkatkan  
aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Suko 
Jember  02  Jember  dengan  penerapan  pendekatan  keterampilan  proses  dengan 
menggunakan  lingkungan  setempat,  3)  meningkatkan  persentase  peningkatan  hasil 
belajar  IPS  pada  siswa  kelas  V  SDN  Suko  Jember  02  Jember  setelah  mengikuti 
pembelajaran  dengan  menggunakan  pendekatan  keterampilan  proses  menggunakan 
lingkungan setempat.  
  Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V 
Suko  Jember  02  Jember  melalui  penerapan  pendekatan  keterampilan  proses  dengan 
menggunakan  lingkungan  setempat    mengalami  peningkatan.  Berdasarkan  analisis 
terhadap  aktivitas  siswa,  diketahui  bahwa  pada  siklus  I  persentase  aktivitas  klasikal 
mencapai  65%  dengan  aktif,  sedangkan  pada  siklus  II  persentase  aktivitas  klasikal 
mencapai  85%  dalam  kategori  sangat  aktif.  Selain  peningkatan  terhadap  aktivitas 
belajar,  hasil  belajar  siswa  dalam  pembelajaran  IPS  juga  mengalami  peningkatan. 
Persentase  hasil  belajar  siswa  pada  siklus  I  sebesar  60%  dengan  rata-rata  nilai  70,4 
sedangkan pada siklus II  persentase hasil belajar siswa sebesar 80% dengan rata-rata 
nilai  77,1.  Saran  peneliti  berdasarkan  hasil  penelitian  ini  yaitu  kita  dapat 
memanfaatkan  sumber  belajar  ataupun  media  pembelajaran  yang  telah  ada  disekitar 
dan  dapat  dijadikan  sebagai  salah  satu  alternatif  pembelajaran  untuk  meningkatkan 
aktivitas dan hasil belajar siswa.
