• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SETEMPAT DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SUKOJEMBER 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Dian Fajarwati_001.pdf (1.440Mb)
    Date
    2013-09-11
    Author
    Dian Fajarwati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Tujuan pengajaran pengetahuan sosial di SD ditujukan bagi pembinaan generasi penerus usia dini agar memahami potensi dan peran dirinya dalam berbagai tata kehidupannya dan berfungsi mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar untuk melihat kenyataan sosial yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi pendahuluan dan wawancara dengan guru kelas V SDN Suko Jember 02 Jember, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Aktivitas belajar siswa dikatakan kurang aktif karena interaksi siswa dengan guru, interaksi siswa dengan siswa, dan interaksi siswa dengan sumber belajar masih rendah, sedangkan hasil belajar siswa dikatakan masih rendah karena hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan jika digunakan strategi pembelajaran yang tepat. Penerapan pendekatan keterampilan proses dengan memanfaatkan lingkungan diterapkan pada pembelajaran IPS agar siswa dapat memperoleh pemahaman secara langsung dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah:1) bagaimana penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember tahun pelajaran 2011- 2012 ?; 2) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V dengan penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat dalam pembelajaran IPS di SDN Suko Jember 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012 ?; 3) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas V setelah mengikuti proses pembelajaran IPS dengan diterapkannya pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat di SDN Suko Jember 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012 ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember, 2) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember dengan penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat, 3) meningkatkan persentase peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses menggunakan lingkungan setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Suko Jember 02 Jember melalui penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa, diketahui bahwa pada siklus I persentase aktivitas klasikal mencapai 65% dengan aktif, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas klasikal mencapai 85% dalam kategori sangat aktif. Selain peningkatan terhadap aktivitas belajar, hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS juga mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dengan rata-rata nilai 70,4 sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 80% dengan rata-rata nilai 77,1. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian ini yaitu kita dapat memanfaatkan sumber belajar ataupun media pembelajaran yang telah ada disekitar dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1014
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository