Prosedur Akuntansi Simpan Pinjam pada Primer Koperasi Darma Putra Balawara Jember
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata (PKN) yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 Februari – 14 Maret 2020 di Primer Koperasi Darma Putra Balawara Jember, dengan mengambil judul Prosedur Akuntansi Simpan Pinjam pada Primer Koperasi Darma Putra Balawara Jember, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Primer Koperasi Darma Putra Balawara Jember merupakan koperasi berbadan hukum dengan tugas pokok menjalankan usaha yang ada dikoperasi, dikelola dengan sistem manajemen dan pengelolaan usaha yang berpedoman kepada undang – undang koperasi dan AD/ART. Berikut kegiatan pokok yang ada di Primkop Darma Putra Balawara Jember :
a. Unit Toko
b. Unit Air Isi Ulang
c. Unit Fotocopy
d. Unit Usipa (usaha simpan pinjam)
e. Unit Bordir
f. Unit Pulsa
2. Dokumen yang digunakan dalam Prosedur Akuntansi Simpan Pinjam pada Primer Koperasi Darma Putra Balawara Jember, mulai dari pendaftaran menjadi anggota, simpanan anggota, pinjaman anggota dan pembayaran angsuran pinjaman :
a. Fotokopi KTP
b. Fotokopi Slip Gaji
c. Data Anggota Baru
d. Kartu Simpanan Anggota
e. Kartu Pinjaman Anggota
f. Kwitansi Simpanan
g. Surat Pengajuan Pinjaman
h. Surat Keterangan
i. Kwitansi Pertanggungan Pinjaman Anggota
j. Bukti Setoran Pinjaman
3. Dalam perlakuan simpan pinjam yang ada di Primer Koperasi Darma Putra Balawara Jember, bagian akuntansi tidak bekerja sendirian melainkan bekerjasama dengan bagian – bagian lain yang berhubungan. Bagian – bagian yang terkait dalam perlakuan Simpan Pinjam pada Primer Koperasi Darma Putra Balawara Jember sebagai berikut :
a. Bagian Administrasi (Seketaris)
Bagian ini bertanggung jawab atas penerimaan dan pengecekan permohonan calon anggota koperasi, menerima permohonan pinjaman dana, menerima angsuran pinjaman pada Primer Koperasi Darma Putra Balawara Jember.
b. Bagian Manager (Persetujuan)
Bagian ini bertanggung jawab memberikan persetujuan pada calon anggota yang ingin menjadi anggota koperasi dan anggota yang ingin melakukan pinjaman dengan diawali proses pengecekan pada bagian administrasi.
c. Bagian Bendahara
Bagian ini bertanggung jawab menyimpan pembayaran simpanan pokok, wajib maupun sukarela serta pembayaran angsuran pinajaman dan mengelola pencatatan pembayaran simpanan dari anggota yang di input dalam komputer.
d. Bagian Kasir
Bagian ini bertanggung jawab menerima pembayaran simpanan dari anggota dan memvalidasi bukti setoran angsuran pinjaman anggota.