• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Etnomatematika Pada Aktivitas Petani Bawang Daun DI Daerah Ranupane Lumajang Sebagai Bahan Ajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    M. Andi Yahya -160210101098 Sdh.pdf (3.443Mb)
    Date
    2020-07-01
    Author
    Yahya, M Andi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Etnomatematika terdiri dari dua kata yakno etno (etnis/budaya) dan matematika. Berarti bahwa etnomatematika adalah matematika dalam budaya. Etnomatematika merupakan konsep matematika yang terkait dengan berbagai aktivitas matematika yang penerapannya banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada aktivitas petani bawang daun dan menghasilkan bahan ajar siswa berupa Paket Tes. Penelitian ini dilakukan di daerah Ranupane Lumajang terhadap masyarakat yang berprofesi sebagai petani bawang daun. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian ini adalah petani bawang daun yang berdomisili di daerah Ranupane dan paham mengenai aktivitas petani bawang daun. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas instrumen, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa etnomatematika pada aktivitas yang digunakan oleh petani bawang daun yakni aktivitas menghitung, mengukur, dan mendesain. Etnomatematika pada aktivitas menghitung muncul saat petani menentukan luas lahan, bibit tanaman yang siap untuk ditanam, jumlah tanaman bawang daun yang ditanam, waktu tanam yang digunakan, jumlah pupuk yang digunakan, perbandingan pupuk, jumlah pekerja, dan waktu panen. Etnomatematika pada aktivitas mengukur muncul saat petani menentukan panjang dan lebar lahan, kedalaman galian tanah, dan jarak tanam bawang daun. Etnomatematika pada aktivitas mendesain muncul saat petani membuat pola tanam dan jarak tanam, pola bedengan, pola parit, dan pola pemberian pupuk. Penelitian ini menghasilkan berupa paket tes. Pada paket tes ini materi yang diangkat mengenai segiempat dan paket tes ini ditujukan untuk jenjang SMP kelas VII. Soal dan penjelasan yang dibuat merupakan aplikasi dan penggunaan etnomatematika pada aktivitas petani bawang daun di daerah Ranupane Lumajang. Aktivitas yang dijadikan paket tes adalah aktivitas saat menentukan panjang dan lebar lahan, menentukan perbandingan panjang dan lebar lahan menentukan luas lahan, menentukan jumlah tanaman dalam satu lahan berdasarkan jarak tanam, menentukan jumlah tanaman berdasarkan keliling lahan, dan jumlah pemberian pupuk berdasarkan luas lahan oleh petani bawang daun. Paket tes yang dihasilkan menggambarkan beberapa aktivitas petani bawang daun yang menggunakan konsep matematika dalam bertani.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101361
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository