dc.description.abstract | Pada era globalisasi saat ini, tumbuhnya perusahaan membuat perkembangan ekonomi semakin lama semakin berkembang. Disamping itu pertumbuhan perusahaan yang semakin berkembang diikuti pula dengan kebutuhan tenaga kerja yang memang berkompeten pada bagian administrasi keuangan, karena pada dasarnya setiap perusahaan terdapat suatu fungsi yang memegang peranan yang penting terhadap tercapainya kelancaran suatu kegiatan maupun aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. Fungsi tersebut tidak lain merupakan bagian dari administrasi.
Administrasi adalah upaya pengelolaan yang mencakup seluruh aktivitas yang berkaitan dengan semua sistem keuangan untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan. Adanya pelaksanaan administrasi yang sesuai maka akan memberikan dampak yang positif terhadap suatu perusahaan. Hal itu menandakan bahwa pengelolaan administrasi suatu perusahaan akan tertata dengan baik dan memberikan output (pengeluaran) yang menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri. Administrasi dalam sebuah perusahaan perlu adanya sistem pengelolaan keuangan yang benar dan sesuai. Pengelolaan administrasi adalah cara yang dilakukan agar bisa mengelola keuangan suatu perusahaan sehingga menghasilkan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri. Hal ini bukan hanya perusahaan yang perlu dikelola namun bagian keuangan juga perlu adanya pengelolaan yang tepat. Tuntutan dalam sebuah perusahaan yaitu memperoleh keuntungan yang maksimal. Agar tujuan itu mudah dicapai, maka diperlukan sistem pengelolaan administrasi yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Mengingat pentingnya pengelolaan administrasi maka setiap perusahaan dituntut untuk memiliki suatu sistem pengelolaan yang baik. Apabila sistem tersebut kurang baik dikhawatirkan akan menghasilkan pertanggungan keuangan yang tidak sesuai. Adanya pengelolaan administrasi sangat bermanfaat untuk
pemasukan dan pengeluaran suatu perusahaan menjadi lebih baik dan teratur, dapat meminimalisir terjadinya kekeliruan dalam membuat laporan keuangan, dan juga penggunaan dana perusahaan menjadi mudah dipantau, dikendalikan, dan lebih terkoordinasi serta lebih bermanfaat. Pengelolaan adminsitrasi juga memberikan peran yang penting untuk pemasukan maupun pengeluaran kas, namun yang memerlukan pengelolaan administrasi yang besar yaitu bagian pengeluaran kas. Pengelolaan administrasi sangat mempengaruhi akivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan. Salah satu bagian pengelolaan administrasi pengeluaran kas yang memiliki faktor yang cukup besar untuk keberlangsungan suatu perusahaan dan menghasilkan laporan keuangan adalah aktivitas operasional.
Pengeluaran kas merupakan seluruh dana yang dikeluarkan untuk seluruh aktivitas operasional perusahaan. Pengeluaran kas adalah seluruh catatan dibuat oleh bagian administrasi untuk melaksanakanan pengeluaran baik dengan cek maupun uang tunai yang digunakan untuk kegiatan umum perusahaan. Sistem pengeluaran kas bagian operasional pastinya mempunyai pengelolaan yang dirancang sedemikian rupa sehingga terhindar dari pengalokasian anggaran yang tidak tepat dan hanya pengeluaran kas yang betul-betul untuk kegiatan perusahaan saja yang telah disetujui, kemudian akan dipertanggungkan dalam pembukuan perusahaan.
Sistem pengelolaan administrasi pada bagian operasional pasti diperlukan pada seluruh perusahaan, salah satunya yaitu PT Telkom Akses Jember. PT Telkom Akses merupakan anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) yang sahamnya dimiliki sepenuhnya oleh PT Telkom. PT Telkom Akses bergerak dalam bisnis penyediaan layanan konstruksi dan pengelolaan infrastruktur jaringan. Dalam hal ini, bukan hanya lembaga keuangan yang memerlukan bagian administrasi tapi suatu perusahaan juga memerlukan pengelolaan administrasi pengeluaran kas untuk menghasilkan sistem pengelolaan yang tepat. | en_US |