PENERAPAN PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUMAJANG
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran ini adalah untuk
mendeskripsikan kegiatan pembelajaran menulis surat dinas dengan menggunakan
pembelajaran SAVI dan untuk meningkatnya hasil belajar menulis surat dinas siswa
SMP Negeri 2 lumajang.
Jenis penelitian tindakan kelas ini adalah simultan terpadu. Menurut Oja dan
Simuljan (dalam Rofi’uddin, 1998:13) jenis penelitian ini lebih memfokuskan pada
teori dengan cara mengikutsertakan praktisi (guru) untuk berpartisipasi. Dalam
penelitian ini, guru sebagai pelaksana tindakan sedangkan, peneliti sebagai inovator
dan observer. Peneliti sebagai inovator artinya peneliti sebagai orang yang
mempunyai tindakan atau yang memberikan solusi tindakan dan peneliti sebagai
observer artinya, peneliti mengobservasi (mengamati) proses pembelajaran pada saat
diterapkan tindakan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan bahwa
penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan
keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar terutama pada pembelajaran
menulis surat dinas. Siswa tampak aktif dan semangat mengikuti pembelajaran
menulis surat dinas. Hal ini disebabkan pembelajaran dengan penggunaan pendekatan
SAVI lebih memfokuskan pada keaktifan siswa dan kemampuan siswa untuk
bersosialisasi dan berfikir dalam memecahkan suatu masalah yang ditemukan saat
mngerjakan tugas menulis surat dinas. Selain itu, dengan diterapkannya pendekatan
SAVI, terutama dalam pembelajaran menulis surat dinas siswa bisa lebih memahami
bentuk surat undangan dan permohonan izin dengan teknik penyusunan surat yang
baik, ejaan yang tepat, bahasa yang baku, dan kesesuaian antar kalimat karena siswa
diberikan kebebasan untuk mencari contoh surat dinas undangan.