• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (720.8Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    DENIES HERMAWAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran menulis surat dinas dengan menggunakan pembelajaran SAVI dan untuk meningkatnya hasil belajar menulis surat dinas siswa SMP Negeri 2 lumajang. Jenis penelitian tindakan kelas ini adalah simultan terpadu. Menurut Oja dan Simuljan (dalam Rofi’uddin, 1998:13) jenis penelitian ini lebih memfokuskan pada teori dengan cara mengikutsertakan praktisi (guru) untuk berpartisipasi. Dalam penelitian ini, guru sebagai pelaksana tindakan sedangkan, peneliti sebagai inovator dan observer. Peneliti sebagai inovator artinya peneliti sebagai orang yang mempunyai tindakan atau yang memberikan solusi tindakan dan peneliti sebagai observer artinya, peneliti mengobservasi (mengamati) proses pembelajaran pada saat diterapkan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan bahwa penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar terutama pada pembelajaran menulis surat dinas. Siswa tampak aktif dan semangat mengikuti pembelajaran menulis surat dinas. Hal ini disebabkan pembelajaran dengan penggunaan pendekatan SAVI lebih memfokuskan pada keaktifan siswa dan kemampuan siswa untuk bersosialisasi dan berfikir dalam memecahkan suatu masalah yang ditemukan saat mngerjakan tugas menulis surat dinas. Selain itu, dengan diterapkannya pendekatan SAVI, terutama dalam pembelajaran menulis surat dinas siswa bisa lebih memahami bentuk surat undangan dan permohonan izin dengan teknik penyusunan surat yang baik, ejaan yang tepat, bahasa yang baku, dan kesesuaian antar kalimat karena siswa diberikan kebebasan untuk mencari contoh surat dinas undangan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10135
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository