Transformative Learning Terhadap Keberdayaan Masyarakat Di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatulm Ulum Al-Islamiyah Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember
Abstract
Pembelajaran dikatakan efektif apabila mampu membuat peserta atau warga belajar menguasai
kemampuan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan setelah selesai
mengikuti program pembelajaran. Dengan kata lain, setelah selesai mengikuti
sebuah pembelajaran akan lebih berpengetahuan, terampil, dan bersikap positif
terhadap bidang yang digeluti dan juga bagi keluarga dan masyarakat sekitar.
Sedangkan strategi pembelajaran dengan keberdayaan masyarakat ada hubungan.
Strategi mempunyai peran sangat penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan
berbagai strategi dapat memperbaiki minat belajar warga belajar, menimbulkan
semangat dan tidak membosankan saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Sedangkan metode pembelajaran dengan keberdayaan masyarakat ada hubungan.
Penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan karena untuk
mempermudah proses pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.